Strategi pemasaran global dan contohnya sudah banyak diterapkan oleh berbagai perusahaan di Indonesia. Tipe pemasaran ini membutuhkan upaya yang lebih besar dari pemasaran lainnya, termasuk digital marketing yang sedang naik daun saat ini. Perusahaan harus membuat strategi dan perencanaan yang matang agar pemasaran global tidak menemui jalan buntu.

Gelombang globalisasi membuat pemasaran bisnis lintas negara menjadi hal yang tidak mustahil untuk dilakukan. Perusahaan multinasional yang berada di Indonesia menjadi bukti keberhasilan pemasaran global, terlepas dari risiko yang dihadapi selama prosesnya. Batas dunia seolah-olah hilang dengan hadirnya internet, tapi pemasaran global bukan hal yang mudah untuk dilakukan.

Manajemen pemasaran perusahaan harus paham dengan teori pemasaran global jika ingin membawa perusahaannya di kancah dunia. Tujuan bisnis agar maju di dunia global memang dirancang oleh CEO atau founder, tapi seluruh orang di dalamnya harus turut andil mencapainya. Salah satunya adalah memahami pemasaran global dan belajar dari perusahaan yang telah sukses dalam implementasinya.

Apa Itu Pemasaran Global?

Pemasaran global adalah salah satu strategi marketing untuk mengekspansi bisnis ke pasar dunia secara global. Tujuannya adalah menjangkau area pasar baru yang bervariasi dengan produk-produk atau eksistensi bisnis tersebut. Harus diingat bahwa setiap negara atau daerah memiliki kebudayaan yang berbeda, jadi global marketing menuntut perusahaan untuk bisa beradaptasi dengan mudah.

Strategi ini tidak melulu berbicara tentang menjual atau mempromosikan produk bisnis di negara lain. Pilar 4P dalam marketing, yakni product (produk), pricing (harga), promotions (promosi) dan place (tempat) juga harus dioptimalkan dalam melakukan pemasaran global. Belum lagi, perusahaan harus memperhatikan proses dalam pemasaran, mulai dari analisa, perencanaan, pencatatan hasil dan evaluasi keberhasilannya.

Proses pemasaran dalam perusahaan termasuk pekerjaan manajemen yang sangat membutuhkan perencanaan (planning) di dalamnya. Begitu pula dalam pemasaran global, perusahaan tidak bisa langsung mempromosikan produk atau bisnisnya di negara lain. Langkah tersebut malah membawa kegagalan besar yang berujung pada kerugian perusahaan.

Pentingnya perencanaan, termasuk menilai pilar 4P tersebut, membuat proses pemasaran global jadi sedikit terarah. Perlahan, produk yang dipasarkan dengan perencanaan pun berhasil populer dan digemari oleh masyarakat setempat.

Sekilas dijelaskan bahwa setiap negara dan daerah memiliki budaya dan kondisi yang berbeda. Perusahaan yang menerapkan pemasaran global harus memiliki tingkat adaptasi (adaptability) yang tinggi. Mereka mampu menyesuaikan produknya sesuai dengan kebutuhan atau selera target pasar mereka. 

Tujuan strategi pemasaran global yang ingin dicapai juga harus bertahap. Mulailah dengan membangun brand awareness di negara tujuan, baru perusahaan bisa menargetkan laba yang kompetitif untuk diraih. Perusahaan juga harus menjadi jawaban atau solusi atas masalah yang dihadapi oleh target pasar barunya, dengan cara aktif melakukan riset pasar.

Baca Juga: 7 Strategi Digital Marketing Yang Efektif Tingkatkan Penjualan

Apa Keuntungan Melakukan Pemasaran Global?

Pemasaran global membawa keuntungan yang cukup banyak bagi perusahaan, terlepas dari tantangan yang dihadapi selama prosesnya. Pimpinan perusahaan mendambakan bisnis atau produknya dikenal lebih luas lagi, bahkan melantai di pasar internasional.

Berikut ini adalah manfaat yang bisa dirasakan oleh perusahaan saat berhasil melakukan pemasaran global:

1. Kesempatan Profit yang Lebih Banyak

Pemasaran global memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit, tapi akan mendatangkan kesempatan baru dalam meraih profit. Perusahaan yang berani menempuh pemasaran global akan melihat peluang pasar baru yang lebih besar di negara lain.

Keberhasilan pemasaran global ini akan meningkatkan angka penjualan produk perusahaan. Kondisi ini pun berujung pada angka keuntungan yang semakin meningkat dan bisa dirasakan oleh perusahaan.

2. Brand Awareness yang Semakin Meningkat

Promosi secara global sudah jelas membawa nama brand atau perusahaan semakin dikenal luas. Brand awareness dan reputasi pun meningkat selama strateginya dilakukan dengan tepat.

Ekspansi bisnis ke pasar global ini membangun brand awareness di warga lokal, sehingga timbul kepercayaan untuk menggunakan produknya. Lihat saja brand fashion asal luar negeri yang sering didengar, mereka memiliki nilai kepercayaan (trust) yang lebih tinggi di mata target pasarnya.

3. Peningkatan Produk

Perusahaan yang memasarkan produknya secara global tentu berharap bahwa produknya diterima dengan baik oleh target pasarnya. Mereka berusaha meningkatkan produknya agar bisa digunakan oleh warga lokal. Tidak hanya produk, perusahaan juga berupaya untuk memahami perilaku target pasar saat berbelanja, termasuk menyesuaikan sistem pembayaran yang berbeda di negara asalnya.

Apa Contoh Strategi Pemasaran Global Yang Bisa Ditiru?

Perusahaan mana yang tidak ingin melakukan ekspansi global setelah membaca keuntungan di atas? Masalahnya, menjalankan strategi pemasaran global tidak semudah yang dibayangkan. Meski digital marketing bisa menjadi alat bantu utama untuk melakukan pemasaran global, masih banyak tantangan yang harus dilalui demi menjemput tujuan tersebut.

Faktanya, sudah banyak perusahaan Indonesia yang berhasil memasarkan produknya secara global. Terlepas dari fakta bahwa mayoritas perusahaan tersebut didirikan sejak pertengahan abad 20, mereka tetap berhasil menembus pasar global dengan produk yang dihasilkan. Banyak sekali upaya yang dilakukan oleh beberapa perusahaan ini agar produk mereka tetap laris dan digemari secara global.

Contohnya, perusahaan nata de coco asal Indonesia yang berhasil menembus pasar Jepang. Rahasia keberhasilan perusahaan ini adalah mereka terus meningkatkan kualitas produknya agar sesuai dengan standar makanan negeri tersebut. Peningkatan kualitas dan inovasi produk yang terus dilakukan membuat perusahaan lain berhasil mendulang keuntungan dari negeri Matahari Terbit tersebut.

Minuman jamu yang identik dengan Indonesia berhasil menembus pasar global, mulai dari Asia Tenggara hingga Eropa berkat kinerja perusahaannya. Saat itu, masih banyak negara barat seperti Eropa yang memandang rendah obat herbal ini. Kendati demikian, perusahaan mau menjawab tantangan tersebut dengan membangun pabrik berstandar internasional untuk memproduksi jamu. Peningkatan mutu produk menjadi solusi perusahaan jamu dalam memenangkan pasar global.

Satu lagi contoh yang bisa ditiru adalah perusahaan sepeda asal Sidoarjo yang kini dikenal di 62 negara, mulai dari negara Asia hingga Amerika. Agar bisa memenangkan pasar global, perusahaan ini harus meningkatkan kualitas sepedanya agar aman dikendarai. Perusahaan ini juga tidak menjadi ‘kacang lupa kulitnya’, dibuktikan dengan banyaknya toko yang masih eksis di negara ini.

Baca Juga: Pengertian Manajemen Produksi dan Fungsinya

Masih banyak contoh sukses perusahaan Indonesia lainnya dalam menjangkau pasar global yang bisa kamu temukan sendiri. E-commerce dan aplikasi ojek online asal Indonesia yang berhasil membuka cabang di beberapa negara juga membuktikan bahwa pemasaran global bukan hal yang mustahil dilakukan. Meskipun baru seumur jagung, dua start-up tersebut berhasil menjadi inspirasi perusahaan Indonesia lewat inovasi produk yang dilakukan.

Kursus manajemen pemasaran di GreatNusa bisa menjadi bekal awal untuk membawa perusahaanmu ke pasar global. Kamu akan mendapatkan pengetahuan menarik seputar pemasaran dan dibimbing oleh instruktur yang berpengalaman di bidangnya. Daftar dirimu untuk mengikuti kursus ini sekarang dan mulailah mendapatkan sedikit insight tentang strategi pemasaran global dan contohnya untuk masa depan kariermu.