Kemampuan analisis, memecahkan masalah, dan keahlian teknis bukan satu-satunya yang harus kamu kuasai jika ingin sukses di dunia kerja. Public speaking skills alias kemampuan berbicara di depan publik sangat dibutuhkan di berbagai perusahaan, terutama jika kamu menyasar bidang-bidang yang membutuhkan komunikasi bagus. Pastikan memupuk keahlian ini jika ingin meraih prestasi bagus dan menjadi sosok profesional.

Mengapa Kemampuan Public Speaking Penting?

Public speaking lebih dari sekadar berbicara dengan lancar tanpa tersendat, lho! Hal ini sebenarnya merupakan paduan dari beberapa jenis keahlian, seperti komunikasi verbal dan nonverbal, kemampuan persuasi atau menarik perhatian pendengar, serta keahlian beradaptasi agar bisa menyesuaikan cara berbicara dengan materi dan dan demografi publik.

Jika kamu menguasai public speaking skills, kamu akan mendapat beberapa keuntungan di dunia kerja. Kariermu akan mudah menanjak karena kamu memiliki keunggulan dalam hal presentasi, menyampaikan ide, serta berkomunikasi dengan berbagai pihak. Perusahaan juga cenderung menaruh perhatian pada karyawan yang memiliki kemampuan ini karena mereka “menonjol” di lingkungan profesional.

Kemampuan bicara di depan publik juga memudahkanmu melakukan networking. Kamu akan lebih sering bertemu orang, baik dari departemen berbeda di perusahaanmu maupun pihak luar. Kamu bisa bertukar kontak, menyampaikan ide dan pendapat, serta membuat dirimu semakin dikenal di jaringan profesional. Bayangkan dampak positifnya ke kariermu!

Public speaking ternyata bisa berdampak positif bagi pribadimu. Menurut sebuah studi yang dilakukan North Carolina Cooperative Extension (2016), pelatihan public speaking mampu meningkatkan kepercayaan diri serta kemampuan mendeskripsikan opini dan ide. Kemampuan ini bahkan begitu penting sehingga mereka menyarankan agar anak muda mempelajarinya sejak dini.

Akhirnya, terbiasa berbicara di depan umum bisa meningkatkan kemampuan memahami ide dan berpikir kritis. Hal ini terutama terjadi ketika kamu merangkai ide untuk menciptakan naskah atau panduan bicara yang meyakinkan, profesional, sekaligus mudah dipahami. Kamu juga melatih kemampuan analisis ketika menjawab pertanyaan dari hadirin.

5 Keahlian Utama Public Speaking

Public speaking adalah keahlian yang berlapis. Ketika kamu menguasai cara berbicara di depan umum, kamu sebenarnya memiliki beberapa keahlian sekaligus. Inilah lima jenis keahlian tersebut.

1. Kemampuan Menyampaikan Poin Penting

Ketika kamu melakukan pidato dan presentasi atau menyampaikan pengumuman penting, kamu punya satu tujuan: memastikan hadirin memahami pesanmu. Banyak orang yang tahu apa yang hendak disampaikan, tetapi cara mereka berbicara tidak jelas karena fokus yang berantakan dan gaya bicara yang membuat hadirin susah mendengarkannya.

Dalam kemampuan public speaking yang bagus, kamu harus bisa menemukan inti dan poin penting dari pesan yang hendak disampaikan. Ketika berbicara, kamu harus memastikan hadirin mendengarkan, misalnya dengan menggunakan materi pendukung, berbicara dengan jelas, dan mengikuti panduan pidato atau presentasi agar tidak ada yang terlupakan.

2. Artikulasi yang Baik

Bayangkan kamu memiliki ide yang menarik dan meyakinkan untuk disampaikan dalam pidato atau presentasi. Akan tetapi, caramu berbicara tidak jelas sehingga hadirin kebingungan atau memintamu mengulangi poin tertentu berkali-kali. Akibatnya, flow pembicaraan terganggu dan hadirin tidak tertarik dengan apa yang kamu sampaikan.

Masalah ini terkait dengan artikulasi, yaitu kemampuan mengeluarkan kata-kata secara jelas dan bisa dimengerti. Kamu harus memastikan setiap kata keluar secara utuh, tetapi tanpa terdengar kaku. Setiap kata harus terdengar jelas agar terdengar akurat di telinga hadirin. Secara psikologis, artikulasi yang baik juga akan membuat hadirin lebih mudah diyakinkan.

Biasanya, artikulasi dilatih dengan banyak-banyak membaca dalam suara keras. Kamu bisa menggunakan teks presentasi atau tulisan bertema serupa sebagai panduan. Mulailah membaca keras-keras tetapi dengan kecepatan rendah, dan pastikan menyebut setiap kata secara jelas. Setelah cukup lancar, kamu bisa mengulanginya tetapi secara lebih cepat. Rekam suaramu agar setiap perbedaan dan hasil latihan terdengar jelas.

3. Gaya Komunikasi Luwes dan Menarik

Berbicara di depan umum tidak melulu harus terdengar serius. Gaya komunikasi luwes dalam public speaking berarti memastikan hadirin menerima pesanmu dengan baik. Misalnya, pastikan kamu membagi perhatian secara merata kepada hadirin. Sebelum berbicara, amati di mana hadirin duduk dan pastikan kamu membagi pandangan secara merata selama berbicara.

Berbicara di depan umum berarti menyesuaikan cara bicara dengan atmosfer dan suasana. Pastikan kamu bisa membedakan intonasi dan sikap untuk pembicaraan yang sifatnya santai, serius, atau bernada kekeluargaan.

4. Kemampuan Membaca Kebutuhan dan Karakteristik Hadirin

Ketahui hadirin yang mendengarkan materimu agar kamu bisa menyesuaikan cara bicara. Hadirin usia sekolah tentu berbeda dengan mahasiswa, kaum profesional, dan masyarakat umum. Public speaker yang baik tahu kapan harus berbicara secara akrab dan membumi, dan kapan harus terlihat serius serta bisa diandalkan. Hal ini membuat pesanmu lebih mudah menyerap di benak hadirin.

Membaca kebutuhan hadirin juga bisa membantu meningkatkan kualitas berbicara di depan umum. Misalnya, ada yang membutuhkan petunjuk atau keterangan lengkap tentang sesuatu yang penting. Ada yang butuh edukasi. Ada yang mengharapkan presentasi meyakinkan agar mereka bisa menuangkan modal untuk proyek potensial. Pastikan kamu memahaminya agar public speaking skill semakin meningkat.

5. Kemampuan Menangani Sesi Tanya Jawab

Akhirnya, setiap sesi bicara di depan publik sering melibatkan tanya jawab. Hal ini merupakan bagian dari interaksi pembicara dan hadirin sehingga harus kamu perhatikan. Kemampuan menangani sesi tanya jawab meliputi pemahaman akan materi serta kemampuan mendeskripsikan sesuatu sesuai tingkat wawasan dan latar belakang hadirin.

Pembicara yang baik akan tahu cara merespons pertanyaan yang sulit atau tidak bisa dijawab. Hal ini erat kaitannya dengan kemampuan berkomunikasi dan negosiasi. Kamu bisa merespons dengan menyebut sumber-sumber yang bisa dibaca atau dihubungi, memberi jawaban alternatif, hingga menunda menjawab hingga kamu mendapat materi tambahan untuk dijelaskan di pertemuan berikutnya.

Semua penjelasan di atas menunjukkan bahwa kemampuan berbicara di depan publik memiliki banyak aspek. Ingin lebih jago dalam public speaking agar kariermu lancar? Kamu bisa mengikuti pelatihan intensif bersama lembaga latihan seperti GreatNusa.

Mengapa Berlatih Public Speaking di GreatNusa?

GreatNusa menawarkan berbagai kursus terkait karier, bisnis, dan pengembangan diri menggunakan teknologi digital. Kamu bisa mengakses materi dan pelajaran dari para pakar tanpa meninggalkan rumah atau kantor. Setiap kursus disajikan secara runtut dan mendalam sehingga bisa langsung kamu praktikkan.

Ada berbagai kursus menarik yang bisa kamu ambil untuk meningkatkan public speaking skills. Misalnya, dalam kategori Pengembangan Diri, kamu bisa mengambil kursus Komunikasi Bisnis atau belajar menulis dalam bahasa Inggris. Jika kamu ingin lebih spesifik, kamu bisa mengambil kelas seperti Pengantar Strategi Negosiasi Bisnis untuk meningkatkan kemampuan presentasi demi mendapatkan deal.

Kesimpulannya, kemampuan berbicara di depan publik tidak hanya meningkatkan kualitas pribadimu, tetapi juga membantu mendorong perkembangan karier. Pastikan melatih public speaking skills jika kamu ingin sukses, dan pilih paket kursus dari portal pembelajaran daring berkualitas seperti GreatNusa.