Manajemen waktu adalah salah satu kunci sukses bagi seorang pebisnis atau pemimpin yang ingin menyeimbangkan kehidupan kerja, hubungan, dan kebebasan waktu. Manajemen waktu dapat dikatakan sebagai teknik mengatur dan meningkatkan efektivitas waktu. Hal ini sesuai dengan pengertian manajemen waktu menurut Atkinson, yakni keterampilan yang berhubungan dengan berbagai upaya dan tindakan terencana supaya seseorang bisa memanfaatkan waktunya sebaik mungkin. 

Keterampilan manajemen waktu bisa membantu menekan tingkat stres dan mendorong produktivitas ke level lebih tinggi. Manajemen waktu yang diterapkan dengan baik akan berdampak positif pada kualitas penetapan tujuan dan memengaruhi seluruh aspek dalam kehidupan, baik pribadi, pendidikan, maupun karier. Berbekal kemampuan ini, kamu bisa menyelesaikan pekerjaan atau tugas lebih banyak dan baik dengan cara paling produktif. 

Apa Pengertian Manajemen Waktu?

Manajemen waktu adalah proses merencanakan, mengontrol, dan menggunakan waktu semaksimal mungkin untuk menyelesaikan tugas tertentu. Menurut Forsyth, manajemen waktu dapat diartikan sebagai cara mengendalikan waktu untuk menciptakan efektivitas dan produktivitas. Kemampuan untuk tetap fokus pada prioritas adalah kunci mempertahankan produktivitas yang akan membawa kamu menuju kesuksesan hidup. 

Mengapa Manajemen Waktu Sangat Penting? 

Setelah mengetahui pengertian manajemen waktu, barangkali kamu bertanya-tanya, mengapa manajemen waktu sangat penting? Pada dasarnya, untuk memenuhi tugas atau rencana dibutuhkan perencanaan waktu agar kamu bisa menyelesaikan dengan baik sesuai jangka waktu yang telah ditetapkan.

Sebagaimana kamu ketahui, waktu adalah sumber daya yang tidak dapat diambil alih maupun direproduksi. Waktu yang telah lewat tidak dapat dikembalikan sehingga kamu harus bisa memanfaatkannya sebaik mungkin. 

Manajemen waktu memungkinkan kamu memaksimalkan kecerdasan untuk mencapai tujuan dengan sedikit usaha dan waktu lebih singkat. Meningkatkan keterampilan manajemen waktu juga memungkinkan kamu fokus pada waktu terpenting sehingga tercipta keseimbangan kehidupan kerja dan pribadi lebih baik. Inilah mengapa manajemen waktu dianggap sangat penting. Agar kamu lebih memahaminya, simak manfaat penerapan manajemen waktu berikut ini. 

1. Mengurangi Stres 

Dilansir dari BrainBridge, mengelola waktu secara efektif dapat mengurangi tingkat stres. Ketika kamu mampu mengontrol waktu, segalanya akan terasa lebih mudah. Kamu tidak akan kewalahan, kamu juga bisa bekerja lebih lama tanpa merasa tertekan. Pengaturan waktu yang tepat akan meningkatkan produktivitas sehingga kamu akan memiliki waktu tidur berkualitas dan terhindar dari stres. 

2. Keseimbangan Kehidupan Kerja Lebih Baik

Menerapkan manajemen waktu bukan hanya membuat kamu lebih menghargai waktu, tetapi juga mencapai banyak hal dalam waktu singkat. Hampir sebagian orang menghabiskan waktu lebih banyak di luar rumah. Hal ini menyebabkan terlewatnya banyak momen penting, seperti acara liburan bersama keluarga atau kumpul mingguan bersama teman.

Baca Juga: Work Life Balance, Cara Untuk Menyeimbangkan Hidupmu

Ketidakseimbangan memicu perasaan gelisah, cemas, dan stres yang akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh dan pikiran. Keterampilan manajemen waktu memungkinkan kamu menciptakan keseimbangan kehidupan lebih baik, yakni antara kehidupan profesional dengan kehidupan pribadi.

3. Kebebasan Waktu Lebih Banyak

Berkat manajemen waktu, kamu tidak akan kesulitan mengelola waktu efektif. Kamu bisa meluangkan lebih banyak waktu untuk melakukan hal penting lainnya, seperti relaksasi, berkumpul bersama keluarga, atau menikmati hobi yang telah lama ditinggalkan karena kesibukan. Kebebasan waktu yang lebih banyak akan membuat kamu lebih bersemangat, produktif, kreatif, dan terhindar dari stres.  

4. Lebih Fokus

Alih-alih melakukan banyak hal dengan mengejar ketinggalan, manajemen waktu justru membantu kamu lebih fokus pada hal kecil yang dinilai lebih penting dan produktif. Pengelolaan waktu juga yang baik akan membuat pekerjaan atau tugas kamu tertata. Berbekal skala prioritas, kamu akan mendapatkan hasil yang memuaskan dan selesai sesuai tenggat waktu. Meskipun kamu memiliki masalah atau berada di bawah tekanan, berkat manajemen waktu kamu akan tetap fokus melaksanakan tugas dan tanggung jawab.  

5. Produktivitas Lebih Tinggi

Sesuai pengertian manajemen waktu, penerapan keterampilan ini akan membuat kamu berfokus pada efisiensi waktu. Kamu akan lebih produktif. Ketika ada waktu luang, kamu akan mengisinya dengan banyak hal bermanfaat, seperti membaca buku, mendengarkan berita olahraga, atau mengerjakan tugas.

6. Mengurangi Penundaan

Tak dapat dimungkiri bahwa sebagian besar orang lebih suka membuang banyak waktu untuk menunda pekerjaan daripada melakukan tindakan. Hal ini dapat diminimalisasi dengan menerapkan manajemen waktu. Ketika kamu sudah mendapatkan arah dan tujuan jelas, kamu akan fokus pada prioritas dan tujuan terbesar. 

Secara tidak langsung, hal tersebut melatih kamu lebih disiplin dan menghargai waktu. Tak ada lagi penundaan, yang ada hanyalah waktu untuk produktif. Selain itu, kamu juga akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab dan dapat dipercaya.

7. Mempercepat Segala Urusan

Keterampilan manajemen waktu akan membuat segala sesuatu tampak lebih mudah dan sederhana. Ketika kamu mampu mengontrol waktu, kamu akan tahu hal yang seharusnya menjadi fokus. Alih-alih merasa frustrasi atau kewalahan dengan sederet tugas dan pekerjaan, kamu justru merasa yakin dan tahu bagaimana cara menyelesaikannya dengan cepat tanpa menghabiskan waktu dan tenaga.

Manajemen waktu yang baik juga akan membuat tugas kamu tertata sehingga kamu tidak kesulitan untuk menyelesaikannya. Alhasil, kamu akan mendapat hasil yang memuaskan. Pengelolaan waktu yang baik juga memungkinkan kamu menyelesaikan berbagai masalah, baik pekerjaan maupun pribadi secara cepat. 

Bagaimana Cara Menerapkan Manajemen Waktu? 

Lantas, bagaimana cara menerapkan manajemen waktu ke dalam kehidupan sehari-hari? Berikut uraiannya. 

1. Buat Daftar Rencana

Membuat daftar rencana akan memudahkan kamu menentukan tugas yang harus dikerjakan lebih dulu. Kamu bisa membuat daftar berisikan susunan pekerjaan dari yang memiliki tenggat waktu minim hingga lebih lama. Prioritaskan pekerjaan penting yang harus diselesaikan dalam waktu dekat. Penyusunan daftar rencana akan membuat waktu kamu lebih efektif, tidak terbuang percuma hanya untuk memikirkan tugas mana yang harus kamu pilih. Agar lebih mudah, kamu bisa membagi daftar rencana ke dalam empat grup sesuai tips dari NHS (2021), yakni:

  • Mendesak dan penting.
  • Tidak mendesak, tetapi penting.
  • Mendesak, tetapi tidak penting.
  • Tidak mendesak atau penting.

2. Disiplin Waktu

Menerapkan manajemen waktu untuk pertama kali bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan. Kamu harus terbiasa bekerja secara disiplin, tidak menunda atau bermalas-malasan. Untuk memudahkan kamu, ketika pembuatan daftar rencana akan lebih baik apabila mencantumkan jadwal atau waktu mulai dan waktu selesai. 

3. Fokus 

Kerjakan apa yang tercatat di daftar rencana. Jangan tergoda dengan hal yang tidak memiliki kaitan dengan tugas kamu, seperti bermain gim atau bermalasan. Menunda sesuatu akan membuat kamu menjadi tidak fokus dan disiplin. Secara tidak disadari, hal ini dapat berdampak buruk bagi kesuksesan kamu di masa depan. 

4. Berani Mengambil Risiko dan Tanggung Jawab

Untuk mengembangkan keterampilan manajemen waktu, kamu harus berani mengambil risiko dan bertanggung jawab. Mulailah belajar mengambil keputusan dan menerima konsekuensinya. Hal ini akan membuat kamu makin berkembang dan bijak dalam mengambil keputusan.

5. Mengikuti Pelatihan

Kamu bisa memaksimalkan pemahaman mengenai manajemen waktu dengan mengikuti pelatihan. Melalui pelatihan, kamu akan dibimbing bagaimana cara terbaik menerapkan manajemen waktu yang efektif sehingga mampu meningkatkan produktivitas dan kualitas hidup. Salah satu tempat terbaik yang direkomendasikan untuk mengikuti pelatihan manajemen waktu adalah GreatNusa.

GreatNusa merupakan portal pembelajaran secara online yang memungkinkan kamu melakukan akses kapan saja, di mana saja. GreatNusa menyediakan berbagai course dan webinar untuk mengembangkan keterampilan kamu. Didukung pembelajaran praktis dan pengajar berkualitas, kamu bisa memahami pengertian manajemen waktu beserta penerapannya untuk meraih masa depan lebih cemerlang. Tunggu apa lagi? Ayo, gabung GreatNusa!