Sumber daya manusia (SDM) yang kompeten adalah salah satu aset berharga perusahaan. Oleh karena itu, perekrutan dan penyeleksian SDM sebagai calon pelaksana visi dan misi perusahaan harus dilakukan dengan benar. Untuk dapat melakukan hal tersebut, langkah awal yang harus Anda lakukan adalah memahami pengertian manajemen sumber daya manusia.

Manajemen SDM adalah salah satu upaya utama yang harus dilakukan oleh perusahaan untuk mengatur standar kualitas SDM. Apa pengertian manajemen sumber daya manusia (MSDM)? Apa saja fungsi dan tujuannya? Yuk, cari tahu informasinya berikut ini.

Apa Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia?

MSDM merupakan salah satu bidang manajemen umum, seperti bidang ilmu manajemen pemasaran, operasi, dan keuangan. MSDM meliputi perekrutan, pengelolaan, pengarahan, pengawasan, pengintegrasian, pengembangan, pemberian kompensasi, hingga pemeliharaan karyawan demi mencapai tujuan individu, organisasi, juga masyarakat. 

Mengutip Rivai (dalam buku Manajemen Sumber Daya Manusia: 2018), keberadaan divisi personalia sebagai bagian MSDM berguna bagi perusahaan terutama dalam pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya manusia. Sehingga, tenaga kerja dapat bekerja sama secara efisien, produktif, dan efektif demi mencapai tujuan perusahaan.

Apa Saja Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia?

Fungsi MSDM meliputi berbagai aktivitas yang mempengaruhi keseluruhan lingkungan kerja dalam suatu perusahaan. Berikut ini adalah fungsi-fungsi manajemen SDM:

1. Mengatur dan Mengelola Tenaga Kerja

Tiga langkah penting dalam fungsi ini adalah perencanaan, perekrutan, dan seleksi. Ketiganya harus dilaksanakan demi mendapat tenaga kerja yang berkualitas dan sesuai kualifikasi. Sehingga, operasional akan didukung secara maksimal.

2. Penilaian

Setelah proses seleksi selesai, MSDM akan bertanggung jawab pada tahap pembinaan, pengawasan, serta penilaian. Tahap evaluasi ini dilakukan berdasarkan standar kerja yang sudah disusun sebelumnya.

3. Penghargaan

Manajemen SDM juga berfungsi memberi balas jasa atau penghargaan, baik secara langsung atau tidak. Penghargaan ini bisa berupa uang maupun barang. Pemberian penghargaan yang baik dan adil akan menciptakan lingkungan kerja yang sehat, menyenangkan, sekaligus kompetitif.

4. Pusat Pelatihan dan Menyelesaikan Konflik

Agar kualitas kerja terjaga, manajemen harus menyediakan jadwal rutin pelatihan atau training karyawan. Selain itu, MSDM juga bertanggung jawab menganalisis setiap permasalahan dan mencari penyelesaian terbaik.

Baca Juga: Pengertian Manajemen Konflik dan Fungsinya dalam Bisnis

5. Membuat relasi

Ini adalah tugas penting, yakni membangun hubungan baik dengan pihak luar seperti serikat pekerja dan sejenisnya. 

Apa Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia?

Setiap perusahaan punya tujuan MSDM masing-masing. Mengutip R. Supomo dan Eti Nurhayati (dalam buku Manajemen Sumber Daya Manusia: 2018), sistem MSDM yang baik dapat dijadikan alat untuk mewujudkan tujuan organisasi dengan mudah.

Sedangkan menurut Cushway (dalam buku Human Resources Management: 2001), MSDM memiliki tujuan menyumbang berbagai pertimbangan dalam menyusun kebijakan SDM agar terjaga kualitasnya dan selalu siap menghadapi perubahan.

Berikut ini beberapa tujuan manajemen SDM secara khusus:

  • Mengembangkan sistem kerja berkualitas meliputi perekrutan, seleksi, pengawasan, sistem insentif, serta pelatihan.
  • Berkomitmen tinggi dalam menjalin kerja sama dan kepercayaan dengan karyawan, serta menganggap tenaga kerja adalah stakeholder yang berharga.
  • Memastikan bahwa setiap karyawan dihargai atas apa yang telah dicapai.
  • Merawat sekaligus memperbaiki kesejahteraan karyawan, baik fisik maupun mental.
  • Menyediakan iklim kerja yang harmonis, humanis, dan produktif antara karyawan dan manajemen.
  • Mengelola elemen SDM dengan memperhatikan kepentingan perbedaan kebutuhan setiap individu, terutama dalam menyampaikan pendapat.

Baca Juga: 6 Unsur Manajemen Dalam Perusahaan dan Fungsinya

Sesuai pengertian manajemen sumber daya manusia di atas, divisi personalia juga memastikan bahwa manajemen menempatkan SDM pada jabatan yang tepat sesuai kualifikasi dan kebutuhan perusahaan. Hal ini penting agar setiap anggota tim dapat berkontribusi maksimal sesuai kompetensi yang dimiliki.

Peran MSDM sangat krusial bagi kesejahteraan para tenaga kerja. Bagi kamu yang memiliki passion untuk mempelajari ilmu manajemen ini, kamu bisa mengikuti berbagai pelatihan. Salah satunya melalui kursus Konsep Dasar Kompensasi pada ilmu Manajemen SDM di GreatNusa. Menariknya, dengan materi lengkap dan akses mudah dalam bentuk video, kursus ini bisa kamu ikuti secara gratis!