Setiap pekerjaan pasti memiliki risiko, begitu pula pekerjaan dengan gaji tinggi. Inilah mengapa dibutuhkan latar belakang pendidikan, keterampilan, serta kecerdasan tertentu untuk melakukan pekerjaan tersebut. Jadi apabila kamu ingin bekerja di suatu bidang, pastikan untuk memiliki bekal cukup agar bisa mendapat penghasilan yang menjanjikan.

Lalu, apa saja profesi dengan gaji tertinggi di Indonesia? Berikut ulasannya!

15 Pekerjaan dengan Gaji Tinggi dan Kualifikasinya

1. Ahli Pertambangan

Profesi pertama dengan gaji tinggi adalah  ahli pertambangan. Para fresh graduate Jurusan Teknik Pertambangan biasanya mendapat gaji sekitar Rp6 – Rp8 juta per bulan. Sedangkan pada level senior dengan pengalaman yang memadai, gaji profesi ini bisa mencapai Rp30 juta per bulan. 

2. Content Manager

Pekerjaan Content Manager biasanya berhubungan dengan internet dan banyak dibutuhkan oleh perusahaan kekinian seperti marketplace, startup, dan bisnis berbasis dunia maya lainnya. Untuk pekerjaan ini, kamu tidak perlu latar belakang pendidikan tertentu.

Baca Juga: 6 Manfaat Digital Marketing untuk Perkembangan Bisnismu

Content Manager membutuhkan seseorang dengan keahlian TI memadai dan strategi marketing mumpuni. Gaji seorang Content Manager sendiri sekitar Rp20 juta per bulan dan lebih besar apabila pengalamannya di atas 5 tahun.

3. IT Specialist

Kemajuan teknologi yang cukup pesat membuat profesi ini banyak dibutuhkan. Inilah mengapa gaji seorang IT Specialist pun cukup tinggi, yaitu sekitar Rp16 – Rp20 juta tergantung keahlian dan tingkat kemampuannya. Untuk mendapatkan pekerjaan ini, kamu bisa berkuliah di Jurusan Teknik Informasi, Sistem Informasi, Ilmu Komputer, dan sejenisnya.

4. Ahli Konstruksi

Berdasarkan surat edaran yang dirilis oleh Kementerian Pekerjaan Umum pada tahun 2013, gaji ahli konstruksi dengan pendidikan S1 Teknik Sipil, Teknik Konstruksi, atau sejenisnya adalah Rp20 juta per bulan. Menurut beberapa sumber, gaji ahli konstruksi ini bisa mencapai Rp60 juta per bulan jika latar belakang pendidikannya adalah S3 dan memiliki pengalaman memadai.

5. Marketing Director

Seperti namanya, bidang pekerjaan ini meliputi pemasaran di industri ritel, elektronik, telekomunikasi, food and beverage, hingga tekstil. Meskipun sering dipandang sebelah mata, nyatanya seorang Marketing Manager bisa mendapat penghasilan hingga Rp40 juta per bulannya. Untuk mendapatkan pekerjaan ini, tidak ada jurusan khusus yang harus ditempuh selama kamu memiliki kemampuan komunikasi dan strategi pemasaran yang baik.

Baca Juga: Kuasai 5 Public Speaking Skills Berikut untuk Siap Dunia Kerja

6. Pilot Komersial

Berdasarkan sebuah survei di Indonesia beberapa tahun lalu, gaji seorang pilot komersial mencapai angka Rp48 juta per bulannya. Angka tersebut belum termasuk tunjangan, bonus, atau reward lain tergantung kebijakan masing-masing maskapai. Pilot sendiri termasuk salah satu profesi dengan risiko kematian cukup tinggi. Inilah mengapa untuk menjadi seorang pilot komersial, dibutuhkan waktu pendidikan yang tidak sebentar dan jam penerbangan cukup tinggi. 

7. Dokter Spesialis

Dokter termasuk salah satu profesi bergengsi yang banyak diidamkan orang, apalagi dokter spesialis. Bagaimana tidak, gaji seorang dokter spesialis di rumah sakit swasta mencapai angka Rp50 juta per bulan. Gaji tersebut belum termasuk pendapatan dari praktik pribadi di rumah atau klinik. 

Gaji besar tersebut sepadan dengan lamanya waktu pendidikan yang harus ditempuh. Untuk menjadi dokter, kamu harus berkuliah di jurusan kedokteran, mengikuti pendidikan profesi, melakukan internship, dan mengikuti pendidikan dokter spesialis sesuai bidang yang diinginkan.

8. Ahli Teknik Perminyakan

Pekerjaan dengan gaji tinggi selanjutnya adalah ahli teknik perminyakan. Di Indonesia, profesi ini banyak dibutuhkan di berbagai perusahaan mulai lokal, asing, hingga multinasional. Tidak heran apabila pekerjaan ini memiliki gaji cukup besar, yaitu Rp762 juta per tahun atau sekitar Rp63 juta per bulan. Untuk menjadi ahli teknik perminyakan, kamu bisa belajar di jurusan teknik perminyakan beberapa universitas di Indonesia baik yang negeri maupun swasta.

9. Head of Legal

Setiap perusahaan pasti memiliki divisi legal atau hukum yang pekerjaannya mengurus izin perusahaan, mengatasi setiap masalah hukum yang dihadapi, meminimalisasi risiko sengketa, hingga mengesahkan berbagai kebijakan perusahaan. Divisi ini dipimpin oleh seorang Head of Legal dengan latar belakang pendidikan jurusan hukum. Melihat betapa pentingnya posisi ini, tidak heran bila gaji profesi tersebut cukup tinggi yaitu sekitar Rp900 juta hingga Rp1,3 miliar per tahun.

10. Ahli Fisika

Mahasiswa Jurusan Fisika terutama Fisika murni termasuk beruntung. Selain langka, profesi dari lulusan ini cukup dihargai. Berdasarkan sebuah survei beberapa tahun lalu, gaji dari seorang ahli Fisika bisa mencapai Rp1,48 miliar per tahun. Ahli Fisika sendiri banyak dibutuhkan di lembaga pemerintahan, perusahaan multinasional, dan lembaga swasta asing.

11. Content Creator

Perkembangan dunia digital membuat profesi Content Creator termasuk salah satu yang menjanjikan. Pendapatan seorang Content Creator biasanya berasal dari Google Ads atau endorsement produk. Untuk menjadi Content Creator kamu tidak perlu latar belakang pendidikan khusus. 

Baca Juga: Digital Marketing: Pengertian, Keunggulan, Jenis, dan Tujuannya

Cukup berbekal kemampuan editing video, musik, gambar, atau tulisan yang baik kamu bisa mengawali karir dari media sosial pribadi. Penghasilan seorang Content Creator pun cukup menjanjikan. Jika populer, mereka bisa memperoleh penghasilan hingga Rp200 juta setiap bulannya.

12. Direktur Keuangan

Segala profesi yang berhubungan dengan keuangan pasti memiliki gaji menjanjikan termasuk direktur keuangan. Untuk menjalani profesi ini, biasanya kamu harus menempuh pendidikan di Jurusan Ekonomi atau Akuntansi. Dalam sebulan, penghasilan seorang direktur keuangan berpengalaman bisa mencapai Rp300 juta per bulan.

Baca Juga: 4 Fungsi Manajemen Keuangan untuk Perusahaan

13. CEO

Bukan hal aneh apabila jabatan tertinggi di sebuah perusahaan ini memiliki gaji cukup besar. Karena untuk membangun dan mengembangkan sebuah perusahaan, dibutuhkan proses panjang, sulit, dan berliku. Di Indonesia, gaji rata-rata seorang CEO mulai dari Rp900 juta per tahun. Untuk menduduki posisi ini, kamu membutuhkan latar belakang pendidikan tentang bisnis atau ekonomi yang memadai.

14. Influencer

Profesi Influencer mulai populer sejak media sosial Instagram muncul beberapa tahun lalu. Seperti halnya Content Creator, penghasilan seorang Influencer berasal dari media sosial dan endorsement dengan berbagai produk. Salah seorang Influencer populer di Indonesia, Rachel Vennya diketahui memiliki penghasilan sekitar Rp900 – Rp1,5 miliar per bulan dari “profesinya” ini.

Untuk bisa menjadi Influencer, kamu membutuhkan “image” khusus yang bisa dijual. Seperti dr. Tirta yang dikenal sebagai Influencer kesehatan, Yulia Baltschun dengan aktivitas olahraga dan gaya hidup sehat, dan Tasya Farasya dengan kemampuan make up yang unik.

Baca Juga: Mengenal Personal Branding dan Cara Meningkatkannya

15. Youtuber

Beberapa tahun belakangan, Youtuber termasuk salah satu profesi dengan penghasilan cukup fantastis. Bagaimana tidak, dari satu video populer yang banyak ditonton orang saja, kamu bisa mendapat penghasilan hingga Rp200  juta hingga Rp2 miliar per bulan. Jadi tidak perlu heran apabila saat ini profesi Youtuber banyak diidamkan orang.

Untuk menjadi seorang Youtuber, kamu perlu memiliki skill pengambilan dan editing video yang baik. Kamu juga butuh konten-konten menarik agar videomu banyak yang menonton.

Dari uraian tentang pekerjaan dengan gaji tinggi di atas dapat kita simpulkan bahwa tidak semua profesi berpenghasilan fantastis mengharuskan kita memiliki riwayat pendidikan formal yang mumpuni. Berbekal beberapa skill, kita juga bisa mendapat penghasilan yang menggiurkan.

Inilah mengapa selain berkuliah, kamu juga perlu mengembangkan keterampilan lain dengan mengikuti kursus di portal kursus online seperti GreatNusa. Selain bisa dilakukan di mana saja, kursus ini juga memiliki banyak pilihan kelas sesuai kebutuhan dan keinginan kamu, seperti kursus teknologi dan software yang sedang naik daun.

Jadi, mana profesi yang ingin kamu lakukan? Semoga bermanfaat.