Ada banyak kemudahan yang kita rasakan dalam aktivitas sehari-hari karena manfaat kecerdasan buatan yang semakin berkembang. Sadar atau tidak, kita sedang hidup berdampingan dengan sistem-sistem yang membantu kita dalam menjalankan berbagai aktivitas, seperti kecerdasan buatan. Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI)  saat ini semakin banyak digunakan dalam berbagai bidang kehidupan, dari kesehatan, otomotif, teknologi, pendidikan, dan lain-lain. Jika kecerdasan buatan ada di berbagai bidang, apakah kamu sudah merasakan manfaat dari keberadaannya?

Apa Manfaat Kecerdasan Buatan Bagi Kehidupan Manusia?

Kecerdasan buatan yang kita bicarakan, tidak terbatas pada AI yang sering kita lihat di dalam robot. AI bisa kita temukan dalam bentuk software dan fitur-fitur lain yang ada di dalam perangkat elektronik. AI bisa berupa asisten virtual (virtual assistant) dalam HP, bisa berupa sistem keamanan atau sistem di dalam berbagai aplikasi. Jadi apa manfaat dari adanya AI yang baru saja disebutkan?

Baca Juga: Mengenal Beberapa Kelebihan Kecerdasan Buatan

1. Menghemat Waktu

Keberadaan AI sangat menghemat waktu dalam melakukan pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan waktu lama bagi manusia. Dalam bidang kesehatan misalnya, para pekerja di rumah sakit dimudahkan dalam mencari data pasien dalam hitungan detik. Bayangkan jika manusia yang mencari data pasien tersebut, sehari penuh tentu tidak akan cukup bagi untuk menemukan satu data dari ribuan data pasien yang ada di rumah sakit tersebut. 

Dalam suatu perusahaan, AI juga membantu pekerjaan dalam mengekstrak data yang perlu dianalisis. Kedua contoh ini memperlihatkan kepada kita betapa AI bermanfaat dalam menghemat waktu. 

2. Meningkatkan Produktivitas

Penghematan waktu saat bekerja bisa digunakan untuk melakukan pekerjaan yang lain. Saat AI sedang bekerja dalam mengekstrak data yang perlu dianalisis, kita bisa menyelesaikan tugas lain yang harus selesai pada waktu yang bersamaan. Hasilnya, tugas yang diselesaikan akan lebih banyak dengan bantuan dari AI daripada hanya dilakukan oleh manusia. 

Baca Juga: 9 Cara agar Produktif yang Simpel dan Efektif

3. Meminimalisir Kesalahan Manusia

Manfaat yang satu ini sangat membuat AI berjasa dalam setiap aktivitas yang kita lakukan. Kecerdasan buatan yang ada di berbagai program, aplikasi dan sistem dalam perangkat elektronik, membantu kita dalam memeriksa kesalahan yang tidak terlihat. Ini bisa kita lihat dari fitur Spelling and Grammar Check yang berada pada aplikasi pengolah kata. Jika ada kesalahan dalam penulisan kata atau arti, sistem AI akan langsung memberikan garis pada kata yang salah. 

Apabila terjadi kesalahan input data, sistem AI juga bisa langsung mendeteksi dan memberikan pemberitahuan kepada kita lewat notifikasi yang akan muncul. Tidak bisa dipungkiri meskipun manusia memiliki kecerdasan otak yang luar biasa, kesalahan tetap bisa terjadi. Jadi keberadaan AI telah memberikan dampak yang signifikan dalam membantu seluruh aktivitas kita. 

4. Mengotomatiskan Tugas Berulang

Sistem AI memungkinkan pengotomatisan setiap tugas yang harus dilakukan setiap hari. Kamu jadi tidak perlu lagi membuang waktu pada tugas yang sama setiap harinya. Serahkan semua tugas tersebut kepada AI, dan tugas akan selesai. Pembayaran bulanan seperti listrik dan air bisa jadi contoh yang pas. Saat ini sudah ada sistem pembayaran otomatis yang bisa diaktifkan supaya pembayaran dapat dilakukan tepat waktu dan kamu tidak akan terkena denda. 

5. Memberikan Harapan Baru

Harapan yang diberikan AI bisa kita lihat dari alat-alat medis dan alat bantu bagi penyandang disabilitas. Kita bisa melihat banyak orang tuli yang bisa kembali mendengar dengan bantuan alat dengar yang telah dikembangkan. Kita juga melihat bahwa sistem AI dalam alat-alat medis membantu menemukan penyakit dari pasien lebih cepat. Penemuan penyakit yang lebih cepat akan memperbesar potensi kesembuhan atau bahkan potensi kehidupan pasien. 

Jika kita lihat kembali semua manfaat yang disebutkan, keberadaan AI tentu tidak bisa dipisahkan dalam seluruh aktivitas manusia. Semua perkembangan AI yang ada sampai hari ini telah berperan banyak dan kita bisa mengharapkan masa depan yang lebih cerah karena sistem AI yang akan terus berkembang. Apakah kamu salah satu penemu sistem AI yang baru? 

Jika kamu tertarik dan memiliki mimpi besar untuk menemukan teknologi yang baru, mulai belajar dari dasar adalah jalan yang bisa diambil. GreatNusa menyediakan fasilitas belajar artificial intelligence pemula yang bisa kamu gunakan. Kamu hanya perlu mengunjungi website GreatNusa dan pilih topik yang ingin dipelajari. Mari memulai perjalanan yang luar biasa bersama dengan GreatNusa! Semoga penjelasan mengenai manfaat kecerdasan buatan di atas membuat kamu semakin termotivasi dalam bermimpi besar.