Manfaat e commerce bagi konsumen tidak perlu kita pertanyakan. Bukankah kamu juga merasakannya? E-commerce sangat memudahkan kita dalam memenuhi berbagai kebutuhan. Terlebih lagi saat kita tidak bisa keluar untuk berbelanja, e-commerce menjadi “jalan ninja” bagi masyarakat. Akan tetapi, masih banyak orang yang enggan untuk menggunakan e-commerce karena pengalaman buruk yang pernah mereka alami. Oleh karena itu dalam artikel ini kita akan coba mengenal apa itu e-commerce dan manfaatnya bagi konsumen, dan melihat apa yang bisa ditawarkan dari e-commerce untuk kamu.

Apa Saja Manfaat E Commerce Bagi Konsumen?

E-commerce adalah singkatan dari electronic commerce atau perdagangan elektronik. Seperti namanya, e-commerce merupakan tempat perdagangan yang akan mengandalkan sistem elektronik dan disajikan secara daring (online). Saat ini, perdagangan yang dilakukan secara online juga sudah banyak dipraktikkan oleh masyarakat. Saat kita ingin berbelanja dengan cepat, pasti e-commerce langsung terlintas di pikiran kita. Di Indonesia sendiri, perkembangan e-commerce meningkat cukup pesat. 

Ini terbukti dari masuknya Indonesia ke dalam 10 besar negara yang memiliki pertumbuhan e-commerce tercepat di dunia. Bahkan pada tahun 2018 saja, pertumbuhan e-commerce di Indonesia mencapai angka 78%. Selain itu, e-commerce tidak hanya memiliki satu jenis saja, melainkan ada enam jenis perdagangan online yang saat ini dilakukan. Berikut adalah keenam jenis e-commerce, beserta penjelasan singkatnya.

  • B2B atau Business to Business: suatu perusahaan yang menjual produknya ke perusahaan lain dengan skala pembelian produk yang lebih besar.
  • B2C atau Business to Consumer: suatu perusahaan yang menjual produknya langsung kepada konsumen. Skala penjualan produk tentu lebih kecil, karena dijual ke individu atau perorangan. 
  • C2C atau Consumer to Consumer: seorang individu yang menjual produknya ke individu lain.
  • C2B atau Consumer to Business: seorang individu yang menjual produknya ke perusahaan. Contoh dari jenis ini adalah seorang ahli di bidangnya yang menawarkan skill yang dia miliki. 
  • B2A atau Business to Public Administration: suatu perusahaan menjual produknya kepada pemerintah. 
  • C2A atau Consumer to Public Administration: seorang individu yang menjual produknya ke pemerintahan. 

Baca Juga: 7 Manfaat E Commerce Bagi Perusahaan

Dari keenam jenis yang ada, mungkin kita lebih familiar dengan jenis perdagangan online B2C yang selalu kita gunakan di HP kita. Saat ini ada dua e-commerce yang sedang berada di puncak dan paling banyak dikunjungi oleh masyarakat. E-commerce tersebut adalah yang berwarna oranye dan hijau. Biasanya masyarakat membandingkan harga yang ada di kedua e-commerce tersebut, karena perbandingan harga dan kualitas barang tidak cukup hanya dalam satu e-commerce saja. 

Berikut ini adalah bermacam manfaat yang akan pelanggan dapatkan saat mereka menggunakan e-commerce.

1. Memenuhi Kebutuhan Dengan Mudah 

Seperti yang sudah sempat disinggung pada penjelasan awal, e-commerce dapat memudahkan kita untuk memenuhi kebutuhan. Khususnya e-commerce jenis B2C yang digunakan masyarakat dalam membeli berbagai macam barang, salah satunya adalah kebutuhan sehari-hari. Semua bisa dibeli oleh pelanggan secara langsung dari Handphone mereka. 

Tinggal menyentuh layar HP beberapa kali, maka produk yang dipesan akan langsung dikirim ke rumah pelanggan. Apalagi dengan aktivitas luar ruangan yang semakin terbatas, kita tidak perlu lagi khawatir akan bahan makanan yang mulai menipis di rumah. Hal ini juga menghemat waktu kita. Bila sebelumnya kita akan menghabiskan banyak waktu dalam perjalanan untuk bisa sampai ke tempat perbelanjaan, sekarang semunya bisa dilakukan kurang dari 5 menit. 

2. Katalog Lengkap

Kebutuhan apa pun bisa kita penuhi dengan melihat isi katalog produk yang sudah disediakan oleh penjual. Terdapat foto dan deskripsi produk yang memudahkan kita memahami kualitas dari produk tersebut. Foto dalam katalog yang dimasukkan bahkan tidak hanya dari satu angle, melainkan beberapa angle untuk memperlihatkan produk secara menyeluruh kepada pelanggan. 

Mulai dari produk pakaian, makanan, perlengkapan tulis, perabotan, alat elektronik dan lain-lain sudah dilengkapi dengan foto yang menarik. Jika foto yang tercantum dirasa kurang, kamu bisa meminta kepada penjual untuk memberikan foto tambahan yang lebih jelas. 

3. Harga Lebih Murah

E-commerce juga membuat pelanggan bisa membeli barang kebutuhan lebih murah daripada di toko fisik. Terdapat berbagai promo dan diskon menarik yang bisa pelanggan dapatkan saat berbelanja. Selain mendapatkan promo dan diskon, hal yang paling disukai pelanggan adalah gratis ongkir. Adanya kupon gratis ongkir membuat pelanggan tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk jasa pengiriman. Melalui promo seperti ini, sebagai pelanggan tentu kita akan sangat merasa sangat diuntungkan. 

Baca Juga: 7 Strategi Harga untuk Meningkatkan Penjualan

Saat biaya operasional penjual turun, harga produk yang mereka jual juga menurun. Hal ini tentu saja mendatangkan keuntungan bagi pelanggan, karena dapat menikmati produk yang dibeli dengan harga yang sangat terjangkau. Belum lagi jika ada acara-acara tertentu di setiap bulannya yang memberikan diskon besar dan sangat menggoda para pelanggan untuk melakukan pembelian. 

4. Membandingkan Produk Dengan Mudah

Sebagai pelanggan, kita pasti ingin mendapatkan harga yang sesuai dengan kualitas produk yang ingin dibeli. Sebelum menjatuhkan pilihan pada suatu produk, pasti kita akan mencoba membandingkannya dengan produk yang ada di toko online. Adanya katalog online dan beragam kemudahan lainnya yang tersedia, kita jadi dapat membandingkan beragam produk dengan sangat mudah. 

Bila dibandungkan dengan pusat perbelanjaan dimana kita harus berkeliling dari toko yang satu ke toko yang lain, maka di e-commerce kita hanya perlu mengetik nama produk yang diperlukan, lalu akan muncul tampilan berbagai foto produk yang sama. Kita hanya perlu memilih merek, harga, kualitas dan lokasi dari penjual produk tersebut. 

5. Pembelian Barang Lintas Wilayah

Saat ini kita bahkan dimudahkan saat ingin membeli produk yang hanya tersedia di daerah tertentu saja. Tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk tiket kendaraan, tempat menginap atau kebutuhan lainnya, karena kita tidak akan perlu pergi ke daerah tersebut. Langsung lihat produk mana yang ingin kita beli, melalui beberapa klik, produk yang diingikan bisa dipesan dengan cepat. 

E-commerce tidak hanya menguntungkan kamu sebagai pelanggan, loh. Jika kamu sedang merencanakan untuk membuka bisnis, e-commerce bisa jadi salah satu platform yang bisa kamu gunakan. Kemudahan bagi para penjual tentu saja tersedia dalam e-commerce. Salah satunya dalam pemasaran produk yang perlu kamu lakukan. 

Menaruhnya di e-commerce bisa memudahkan kamu sebagai penjual dan tentunya untuk pelanggan, seperti yang baru saja kita bahas di atas. Namun tidak perlu terburu-buru. Jika kamu merasa masih perlu belajar sebelum membuka bisnis kamu sendiri, kamu tentu bisa melakukannya. Saat ini sudah banyak kelas daring (online) yang disediakan secara gratis untuk orang-orang yang ingin belajar seperti kamu. 
Salah satunya adalah GreatNusa!

GreatNusa hadir dengan berbagai kursus berbentuk daring (online). Kamu hanya perlu memilih topik yang kamu inginkan. Jadi tunggu apalagi? GreatNusa bisa jadi pilihan kursus daring (online) bagi kamu, misalnya seperti kursus e-commerce design. Sekali lagi, semoga penjelasan manfaat e commerce bagi konsumen berhasil meyakinkan kamu untuk menggunakannya, ya!