Salah satu manfaat balance scorecard yang umum dirasakan perusahaan adalah perkembangan bisnis ke arah lebih baik. Balance scorecard atau BSC merupakan gambaran performa perusahaan dalam periode tertentu. Informasi dalam BSC disajikan secara akurat dan objektif agar perusahaan mampu mengambil keputusan yang tepat.

Apa Saja Manfaat Balance Scorecard yang Dirasakan Perusahaan?

Perusahaan yang menerapkan balance scorecard sebagai indikator evaluasi bisnisnya merasakan manfaat yang lebih besar. Inefisiensi pekerjaan pun dikurangi berkat adanya BSC. Singkatnya, BSC menjadi penerapan manajemen strategis dalam perusahaan agar tujuan dicapai secara efektif.

Apa saja rincian manfaat BSC saat diterapkan dalam manajemen perusahaan? Baca penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Perencanaan Strategi yang Lebih Baik

BSC menjadi alat bantu perencanaan yang baik dalam manajemen perusahaan. Pimpinan atau manajer membutuhkan BSC untuk merencanakan strategi dan membahasnya kepada anggota mereka. Tanpa adanya BSC, rencana bisnis yang dibuat tidak sesuai tujuan bisnis yang akan dicapai. Rencana pun dirancang sembarangan tanpa memerhatikan faktor pendukung atau penghalangnya.

Baca Juga: Apa yang Dimaksud Dengan Strategi Bisnis? Seperti Apa Hal Ini Bisa Membantu Bisnis Anda?

2. Peningkatan Strategi Komunikasi

Alur komunikasi perusahaan berjalan lancar karena ada BSC. Metrik ini tidak hanya mengevaluasi strategi komunikasi antar karyawan, tapi juga secara eksternal, seperti konsumen atau stakeholder. Pesan disampaikan lebih baik apabila komunikasi berjalan lancar tanpa ada miss. Strategi yang dirancang sebelumnya akan lebih mudah dieksekusi.

Baca Juga: 4 Fungsi Komunikasi Dalam Organisasi

3. Kesesuaian antara Proyek dan Rencana

Balance scorecard memetakan seluruh proyek dan rencana bisnis yang telah dibuat, kemudian menyesuaikannya dengan tujuan perusahaan secara keseluruhan. Bisnis hadir karena ada tujuan atau visi yang dibawanya. Karena itu, setiap pekerjaan yang digagas atau dilaksanakan harus fokus pada tujuan bisnis tersebut. Ketiadaan BSC akan menghasilkan proyek dan rencana yang tidak sepadan tujuannya, sehingga alokasi sumber daya perusahaan tidak berjalan efektif.

4. Penyampaian Informasi Lebih Jelas

Kinerja perusahaan lebih efektif apabila memiliki informasi yang jelas dan benar-benar dibutuhkan. BSC berisi informasi relevan tentang Key Performance Indicator (KPI) perusahaan dan jajaran anggotanya. Adanya KPI dalam BSC 6. perusahaan benar-benar menilai aspek penting dalam bisnis. Alhasil, informasi yang dibutuhkan perusahaan jadi lebih lengkap sehingga tercapai pengambilan keputusan yang lebih baik.

5. Laporan Performa semakin Baik

BSC memuat rancangan laporan performa perusahaan dan anggota di dalamnya. Informasi ini membantu perusahaan dalam eksekusi rencana atau strategi bisnis yang telah dibuat. Pemantauan atau monitoring performa perusahaan semakin meningkat dan kesalahan pun bisa diminimalisir selama prosesnya berlangsung. Manfaat ini membuahkan hasil manis dalam jangka panjang, yakni proses bisnis yang kian berkembang hari lepas hari.

6. Keselarasan Struktur Organisasi

Perusahaan harus memiliki struktur organisasi yang jelas agar pembagian tugasnya berjalan efektif. BSC menjamin struktur organisasi yang dibuat sesuai untuk mencapai tujuan strategis perencanaan. Seluruh pimpinan dan anggota di dalam struktur tersebut harus memiliki pandangan yang sama terhadap tujuan bisnis. Manfaat ini bisa dirasakan apabila informasi dalam BSC dialirkan kepada setiap orang yang bekerja di dalamnya.

7. Keselarasan Proses Bisnis

Proses bisnis terdiri dari kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi barang atau jasa hingga di tangan konsumen. BSC mengarahkan proses bisnis tersebut agar sesuai strategi dan tujuan yang telah dibuat. Kegiatan bisnis lainnya, seperti pencatatan finansial, kegiatan pemasaran, dan lain-lain pun dipastikan selaras dengan tujuan bisnis yang lebih besar.

Secara keseluruhan, balance scorecard menjaga semua aspek agar tetap pada tujuan perusahaan secara keseluruhan. Semua rencana dan pekerjaan pun dilakukan sesuai strategi yang telah ditetapkan. Itulah alasan BSC menjadi indikator penting dalam perusahaan.

Ingin mengetahui lebih lengkap tentang BSC untuk kemajuan bisnismu? Ikuti saja kursus Essentials of Digital Business Strategy agar pengetahuanmu seputar dunia bisnis semakin bertambah. Kamu akan belajar cara mengimplementasikan BSC agar bisnismu mendapatkan manfaat balance scorecard yang telah disebutkan tadi.