Terbatasnya lapangan pekerjaan sepertinya bukan lagi alasan untuk tidak memiliki penghasilan. Berkat kemajuan teknologi beberapa dekade belakangan, ada banyak sekali peluang kerja online tanpa modal yang mengandalkan skill dan pengetahuan memadai tentang internet.

Apa Saja Kelebihan Kerja Online?

Diakui atau tidak, paduan internet dan teknologi tidak hanya menawarkan kemudahan tetapi juga membuka banyak peluang baru. Dengan kreativitas dan keterampilan yang dimiliki, bukan tidak mungkin kamu bisa memperoleh penghasilan dari sini.

Ada banyak sekali keuntungan ketika kita memilih untuk bekerja secara online, di antaranya:

  1. Hemat biaya bensin untuk transportasi
  2. Efektivitas waktu
  3. Fleksibilitas
  4. Tidak terikat
  5. dan bebas menentukan hari libur

Dilihat dari segi ekonomi, keuntungan di atas tentu saja membuat gaji yang didapat dari pekerjaan online bisa lebih besar dibanding pekerja kantoran. Selain itu, pekerja online juga bebas memilih pekerjaan yang diinginkan. Jika mengambil banyak pekerjaan, bukan tidak mungkin hasil yang didapat melebihi dari gaji bulanan mereka saat sedang bekerja 8 jam sehari di kantor.

Kerja Tanpa Modal, Mungkinkah?

Selama ini, kerja online identik dengan marketplace, bisnis di WA Grup, atau transaksi jual beli melalui platform media sosial lainnya. Padahal jika mau cari tahu, ada banyak sekali jenis pekerjaan yang bisa kamu lakukan tanpa perlu mengeluarkan modal. Seperti menjual jasa dan mengandalkan keterampilanmu.

15 Rekomendasi Kerja Online Tanpa Modal

Sebagai referensi, berikut ulasan beberapa pekerjaan di internet yang bisa kamu lakukan tanpa mengeluarkan uang:

1. Program Affiliate

Saat ini ada banyak sekali produk yang menawarkan program afiliasi atau affiliate. Affiliate adalah salah satu strategi digital marketing di mana seseorang mendapatkan komisi ketika terjadi pembelian pada link produk yang diiklankan. Strategi semacam ini belakangan banyak digunakan oleh marketplace seperti Shopee untuk meningkatkan penjualan.

Untuk terlibat dalam program affiliate, kamu hanya perlu mencari tahu informasi produk yang akan dijual lalu join program ini dengan atau tanpa modal. Selanjutnya, kamu hanya perlu memasarkan link produk yang dijual, dan memastikan ada orang yang tertarik untuk mengklik dan melakukan pembelian.

2. Dropship Online Shop

Menggunakan sistem dropship, kamu bisa menjual aneka barang di internet tanpa harus mengeluarkan uang atau memiliki stok barang. Karena biasanya sistem jual beli dropship hanya meminta penjual untuk menjual foto dan deskripsi barang. Jika ada yang tertarik, penjual hanya perlu melakukan pemesanan ke distributor dan barang pun siap dikemas lalu dikirim langsung ke pembeli.

Baca Juga: Pengertian Strategi Distribusi dan Contohnya Dalam Bisnis

3. Jasa Konsultan

Selain menjual barang, kamu juga bisa kerja online tanpa modal dengan cara menawarkan jasa konsultasi. Bidang yang dikonsultasikan pun beragam, tergantung keahlian dan latar belakang pendidikan kamu. Beberapa jasa konsultan yang biasanya bisa dilakukan secara online adalah konsultan kesehatan, keuangan, atau psikologi.

4. Jasa Penerjemahan

Jika memiliki keahlian berbahasa asing mumpuni, manfaatkan skill tersebut untuk membuka jasa penerjemahan online. Meskipun sudah ada mesin penerjemah seperti Google Translate, tapi masih banyak orang yang menyukai penerjemahan manual oleh para tenaga profesional.

5. Content Writer

Selain menjadi penerjemah, profesi online lain yang mengandalkan keterampilan berbahasa (dalam hal ini menulis) adalah penulis konten atau content writer. Untuk pekerjaan ini, kamu hanya perlu menulis artikel atau konten sesuai kebutuhan klien. Jika beruntung bukan tidak mungkin kamu mendapat job dari klien asing dan mendapat penghasilan dolar.

6. Social Media Evaluator

Job desc profesi ini hanyalah menjawab pertanyaan untuk mengevaluasi suatu promosi dan dikirimkan ke media sosialmu. Setiap selesai, kamu akan mendapatkan uang sekitar USD1 – USD5. Jadi bisa dibayangkan bukan, berapa dolar yang akan didapat ketika banyak pertanyaan kita selesaikan?

Salah satu penyedia jasa social media evaluator yang cukup menjanjikan adalah Appen. Meskipun kelihatannya mudah, tidak semua orang bisa menjadi social media evaluator loh. Kamu harus mengikuti rangkaian prosedur dan lolos kualifikasi untuk bisa menjalani pekerjaan ini. 

7. Menjadi Blogger 

Sebelum internet populer, blogger termasuk salah satu peluang kerja online menjanjikan. Penghasilan yang diperoleh biasanya berasal dari Google Ads, endorsement produk, atau pay per click, yang dipasang di website kamu. Jadi semakin banyak pengunjung blog, semakin besar pula penghasilan yang didapatkan.

8. Menjadi Podcaster 

Peluang sukses lain di internet adalah menjadi podcaster. Podcast merupakan platform talkshow ala radio online yang belakangan cukup populer di kalangan anak muda. Untuk menjadi podcaster, kamu perlu memiliki akun di platform seperti spotify lalu membuat konten podcast menarik untuk mendapat donasi atau endorsement.

9. Menjadi Youtuber

Profesi yang beberapa tahun belakangan jadi idaman para anak muda ini tidak hanya membuka peluang kesuksesan tetapi juga membuat para pelakunya terkenal. Untuk menjadi Youtuber pemula, kamu bisa memanfaatkan smartphone ketika membuat konten menarik agar banyak yang menonton dan mendapatkan penghasilan.

10. Menjadi Gamer Online

Siapa sangka hanya dengan bermain game online kita bisa memperoleh penghasilan? Apalagi belakangan, banyak sekali ajang e-sport digelar dan menawarkan hadiah yang cukup menggiurkan. Jadi jika kamu merasa cukup jago saat bermain game online, manfaatkan keahlian tersebut untuk jadi gamer profesional.

11. Influencer

Istilah influencer mulai dikenal ketika media sosial Instagram muncul. Penghasilan profesi ini biasanya berasal dari endorsement atau iklan yang dipromosikan melalui akun Instagram mereka. Beberapa contoh influencer sukses adalah Kylie Jenner, Gigi Hadid, Rachel Vennya, dan Awkarin.

12. Admin Media Sosial

Bagi yang merasa keahliannya hanya soal mengorganisasi atau mengetik, jangan khawatir. Kamu bisa menjadi admin media sosial suatu fandom (kumpulan fans suatu boyband atau girlband Korea), atau komunitas tertentu. Seperti influencer, penghasilan profesi ini berasal dari endorsement yang dipromosikan di akun media sosial tempat kamu menjadi admin.

Baca Juga: 8 Digital Marketing Tools Yang Harus Kamu Miliki

13. Freelancer Desain Grafis 

Selain penerjemah dan penulis konten, kamu juga bisa menawarkan keahlian sebagai desainer grafis di beberapa platform online. Jadi tanpa keluar rumah, kamu masih punya peluang memperoleh penghasilan memanfaatkan keahlian yang dimiliki.

14. Pengisi Survei Online

Untuk profesi ini, yang perlu dilakukan hanyalah mengisi survei online secara berkala. Penghasilannya diperoleh dari seberapa banyak survei yang diisi dan diselesaikan. Tapi hati-hati, pastikan platform yang dipilih benar-benar membayar kamu ya! Karena saat ini ada banyak sekali platform survei abal-abal.

15. Data Entry

Tugas utama pekerjaan ini hanyalah memasukkan data ke dalam aplikasi atau sebuah situs. Penghasilan yang didapat biasanya dihitung dari seberapa banyak data yang di-entry-kan setiap harinya. 

Melihat ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa untuk bertahan di era digital seperti sekarang kita butuh skill memadai yang belum tentu diperoleh dari sekolah formal. Jadi sebagai langkah awal, kamu bisa memperkaya pengetahuan dan mengasah keterampilan, misalnya dalam bidang teknologi dan software, melalui portal kursus daring seperti GreatNusa.

Itulah rekomendasi 15 kerja online tanpa modal, semoga bermanfaat.