Tahukah kamu apa saja jenis jenis perilaku konsumen? Mempelajari dan memahami dengan benar perilaku konsumen akan sangat membantu kamu dalam menjalankan bisnis. Memahami perilaku mereka bisa menjadi informasi tambahan bagaimana konsumen ingin diperlakukan. Informasi inilah yang nantinya membuat kamu bisa memberikan kualitas produk dan layanan yang lebih baik untuk konsumen. Jika dalam menjalankan bisnis kamu belum mengerti mengenai perilaku konsumen, coba untuk berhenti sejenak dan mempelajari perilakunya di artikel ini. 

Apa Saja Contoh Perilaku Konsumen?

Perilaku konsumen adalah tindakan yang dilakukan konsumen saat melakukan pembelian suatu barang atau jasa, yang dalam pengambilan keputusannya dipengaruhi oleh beberapa faktor berikut ini.

  1. Faktor Personal = Faktor ini berisi keinginan dan minat setiap konsumen yang terpengaruh oleh karakteristik demografi, seperti usia, jenis kelamin, budaya dan lain-lain. 
  2. Faktor Psikologis = Faktor ini berisi respons yang diberikan saat konsumen melihat suatu konten dan pesan pemasaran. 
  3. Faktor Sosial = Faktor ini berisi lingkungan yang dimiliki oleh setiap konsumen. Lingkungan konsumen yang dimaksudkan adalah keluarga, teman, media sosial, pendapatan serta pendidikan yang terkait dengan kehidupan sosial konsumen. 

Dari ketiga faktor yang bisa memengaruhi perilaku konsumen, terdapat empat jenis perilaku konsumen yang bisa diidentifikasi. Berikut adalah penjelasannya masing-masing. 

1. Complex Buying Behavior

Perilaku pembelian yang kompleks adalah perilaku yang dimiliki oleh konsumen saat ingin membeli barang yang mahal. Harga yang mahal membuat konsumen perlu berpikir berkali-kali sebelum akhirnya melakukan pembelian atau “investasi” terhadap suatu barang. Tidak jarang bahkan konsumen melakukan perbandingan dan penelitian suatu produk sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli produk tersebut. Pembelian saham atau investasi bisa dijadikan contoh perilaku pembelian yang kompleks.

Baca Juga: 10 Jenis Strategi Penetapan Harga dalam Dunia Bisnis

2. Dissonance-reducing Buying Behavior

Perilaku pembelian jenis ini membutuhkan konfirmasi dari satu atau lebih pihak untuk meyakinkannya bahwa pembelian yang telah dilakukan adalah keputusan yang tepat. Konsumen dengan perilaku ini cenderung menyesali keputusan yang telah dibuat, karena tidak dapat membedakan produk dengan merek yang berbeda. 

Ini terjadi karena konsumen tidak memiliki pengetahuan yang cukup baik terhadap produk yang ingin dibeli. Mereka membutuhkan seseorang yang bisa menjelaskan perbedaan dari merek yang satu dengan merek yang lain atau dari produk yang satu dengan produk yang lain.

3. Habitual Buying Behavior

Perilaku pembelian yang sudah menjadi kebiasaan dicirikan oleh pembelian suatu barang yang tidak lagi membutuhkan pertimbangan. Konsumen dengan perilaku ini biasanya tidak lagi melirik produk lain karena sudah terbiasa dengan satu produk tersebut. 

Jika ada barang lain yang sedang diskon, mereka tidak akan tertarik membelinya dan tetap bertahan dengan produk yang sudah biasa dibeli. Ini membuktikan bahwa sebenarnya konsumen tidak memiliki loyalitas kepada merek, namun lebih kepada kebiasaan yang sudah terbentuk di dalam dirinya.

4. Variety Seeking Behavior

Perilaku terakhir adalah konsumen yang memiliki keinginan untuk membeli produk berbeda dari yang biasanya dibeli. Alasannya bukan karena produk tersebut tidak lagi memberikan manfaat atau kualitasnya buruk, melainkan konsumen hanya ingin mencoba variasi baru. 

Konsumen yang mencari berbagai variasi produk umumnya akan lebih mudah untuk dikenalkan pada produk-produk terbaru. Jika konsumen bisnis kamu memiliki perilaku pembelian seperti ini, pemberian diskon, promo atau bundle bisa dijadikan cara jitu untuk menarik hati mereka. 

Baca Juga: Berikut Manfaat Mempelajari Perilaku Konsumen yang Akan Berdampak Untuk Bisnis Kamu

Jadi jenis perilaku mana yang menggambarkan konsumen kamu? Saat kamu sudah mengenali perilaku mereka, menentukan strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan bisnis akan jadi jauh lebih mudah. Jika kamu tertarik mempelajari aspek-aspek penting lainnya dalam membangun bisnis, kursus bisnis online di GreatNusa bisa jadi pilihan tepat. 

Terdapat banyak topik bisnis yang bisa kamu pelajari dari mana pun dan kapan pun. Penjelasan di atas hanyalah sekilas dari keseluruhan informasi mengenai konsumen. Jika kamu ingin mempelajari konsumen lebih dari sekedar jenis-jenis perilaku konsumen, kamu bisa langsung mengunjungi website GreatNusa.