Dalam sebuah bisnis, mengetahui cara membuat Balance Scorecard akan menjadi pembeda antara bisnis yang berhasil menjalankan strategi mereka atau tidak. Balance Scorecard sering digunakan selama proses perencanaan strategis untuk memastikan upaya yang dilakukan perusahaan bisa selaras dengan strategi dan visi secara keseluruhan. Hal ini dibuat untuk membantu bisnis mengevaluasi aktivitas mereka, bukan hanya menilai uang yang masuk dalam bentuk pendapatan, biaya, dan keuntungan. Diagram ini menyajikan pandangan yang seimbang yang juga memperhitungkan perspektif kesuksesan lainnya bagi sebuah perusahaan atau bisnis

Untuk bisa membuat Balance Scorecard yang baik, maka beberapa informasi berikut ini akan bisa membantu kamu.

Bagaimana Cara Membuat Balance Scorecard Dengan Benar?

Salah satu poin penting dari Balance Scorecard adalah memperluas penilaian kinerja prospek yang selama ini sangat terfokus murni pada aspek finansial. Oleh karena itu, hal ini dapat didefinisikan sebagai alat untuk memantau keputusan strategis yang diambil oleh perusahaan berdasarkan indikator yang telah ditetapkan sebelumnya dan harus menembus setidaknya empat aspek, financial, customer, internal processes, dan learning & growth.

1. Finansial

Aspek ini mungkin salah satu yang sangat mudah untuk dipahami. Keuangan dalam perusahaan akan menjadi kunci untuk bisa menjalankan berbagai macam fungsi. Oleh karena itu, jika sebuah perusahaan atau bisnis dapat mencapai tujuan finansial mereka, maka akan sangat mudah bagi perusahaan untuk berkembang menjadi lebih baik lagi. Perusahaan dengan finansial yang sehat juga mendapatkan popularitas yang baik di antara stakeholder.

2. Perspektif Pelanggan

Kamu akan ingin memeriksa aktivitas perusahaan dari perspektif para pelanggan dan juga stakeholder kamu. Bagaimana pelanggan melihat setiap aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan? Bagaimana ulasan dari mereka? Apakah kamu memiliki ukuran objektif kepuasan pelanggan dari survei atau sumber lain? Persepsi negatif tentang bisnis atau produk dapat menyebabkan penurunan penjualan di masa depan.

Baca Juga: Berikut Manfaat Mempelajari Perilaku Konsumen yang Akan Berdampak Untuk Bisnis Kamu

3. Proses Internal

Perusahaan dapat berfungsi karena adanya karyawan dan beragam proses yang dijalankan di dalamnya. Penting untuk memeriksa proses internal perusahaan agar bisa mencari area yang perlu dilakukan perbaikan dan mengidentifikasi bagian yang rawan kesalahan. Memperbaiki hal-hal ini akan bisa membuat bisnis berjalan dengan lebih efisien dan bisa memberikan beragam keuntungan.

4. Pembelajaran dan Pertumbuhan

Bagian ini akan menilai upaya dari perusahaan dalam hal melatih karyawan tentang teknologi dan pengetahuan yang berubah dengan cepat, membimbing karyawan baru dengan cara yang dapat membantu mereka tumbuh dan berkontribusi, serta mengajarkan karyawan cara menggunakan alat dan sistem terbaru untuk mendorong inovasi. Poin ini juga bisa membantu kamu dalam menilai seberapa cepat perusahaan dalam merespons perubahan dan berapa lama waktu yang dibutuhkan tim untuk mengembangkan produk baru yang akan digunakan untuk menjawab kebutuhan pelanggan di pasar.

Bagaimana Menggambar Balance Scorecard yang Benar?

Balance scorecard paling mudah dibuat menggunakan sebuah template. Mulailah dengan ruang untuk keempat perspektif dan tambahkan beragam hal yang berkaitan dengan perusahaan kamu.

1. Tentukan Visi 

Visi utama perusahaan berada di tengah-tengah Balance Scorecard. Penting untuk mengingat hal ini apapun tujuan dari perusahaan kamu

2. Tambahkan Perspektif

Tempatkan empat perspektif dalam lingkaran di sekitar visi perusahaan yang berada di tengah.

3. Tambahkan Tujuan dan Ukuran

Dalam setiap perspektif, tentukan tujuan, ukuran, target, dan inisiatif spesifik. Hal ini penting karena membuat tujuan yang terukur akan bisa membantu kamu dalam mendapatkan hasil yang diinginkan. Inilah indikator yang bisa menentukan apakah setiap upaya yang dilakukan bisa sejalan dengan strategi dan visi secara keseluruhan.

4. Komunikasikan

Jika sudah membuatnya, maka jangan disimpan untuk diri sendiri. Bagikan beragam hal yang akan dilakukan demi mencapai berbagai tujuan yang ada di Balance Scorecard tersebut kepada para stakeholder.Itulah informasi yang bisa kami berikan untuk hal yang satu ini.

Baca Juga: 4 Fungsi Komunikasi Dalam Organisasi

Jika ingin memperdalam ilmu bisnis kamu, maka kamu bisa mengikuti kursus Essentials of Digital Business Strategy dari GreatNusa. Tunggu apalagi, perdalam ilmu kamu dan ikuti cara membuat Balance Scorecard ini untuk mengembangkan pengetahuanmu!