Salah satu keuntungan pemasaran digital adalah modal yang tidak terlalu besar. Kamu hanya harus memiliki digital marketing tools yang tepat untuk meluncurkan bisnis. Mulai dari meluncurkan iklan, menciptakan konten bermutu dengan target khusus, hingga mencatat data kunjungan dan demografi, berbagai tools ini adalah kunci persaingan untuk pebisnis digital, bahkan bagi yang baru memulai.

Kamu bisa menemukan banyak marketing tools, baik yang gratisan maupun berbayar. Akan tetapi, sebagai permulaan, kamu bisa mulai dari 10 produk ini.

Apa Saja Digital Marketing Tools Yang Harus Dikuasai?

1. Google Analytics

Pengguna Google tidak perlu jauh-jauh mencari alat analisis dasar untuk melacak statistik dan kinerja situs. Google Analytics membantumu melacak data penting terkait hal-hal seperti jumlah kunjungan ke situs atau toko online, halaman yang paling banyak dikunjungi, durasi setiap kunjungan dan sebagainya. 

Google Analytics memberimu informasi penting untuk memodifikasi situs atau toko online agar lebih mudah mencapai target pemasaran. Kamu bahkan bisa melihat informasi spesifik seperti bounce rate, yaitu jumlah pengunjung yang mengunjungi situs tetapi langsung pergi lagi. Hal ini menunjukkan adanya potensi masalah yang bisa segera kamu perbaiki.

2. Google Ads

Sering lihat tautan situs berlabel “Ads” di halaman hasil pencarian Google? Label tersebut bisa kamu peroleh jika menggunakan Google Ads. Program ini membantumu mengiklankan toko, produk, atau jasa secara lebih mendetail sesuai dengan anggaranmu. Sistem Google Ads juga menjamin kembalinya investasi (Return of Investment atau ROI) dengan lebih cepat karena kamu bisa langsung meraih target pemasaran yang tepat.

Ingin Google Ads lebih efektif? Kamu bisa menggunakannya bersama Google Analytics. Gunakan Analytics untuk menemukan informasi demografi pengunjung, frekuensi kunjungan, dan waktu-waktu kunjungan terbaik, lalu gunakan Ads untuk membuat iklan yang sesuai dengan informasi tersebut.

Baca Juga: 6 Manfaat Digital Marketing untuk Perkembangan Bisnismu

3. Canva

Ingin membuat produk marketing tetapi tidak bisa mendesain? Canva wajib jadi salah satu digital marketing tools pilihanmu. Canva cocok untuk melakukan marketing visual dengan materi seperti postingan media sosial, brosur, sampul e-book, poster digital, dan sebagainya. Kamu bisa memilih di antara berbagai format desain yang tersedia lalu memilih format teks, ilustrasi, foto, dan sebagainya.

Canva memiliki versi gratisan maupun berbayar, jadi kamu bisa menyesuaikannya dengan anggaranmu. Siapa saja bisa membuat materi marketing visual walau tanpa kemampuan teknis dalam bidang desain grafis atau sejenisnya.

4. Fitur Iklan Media Sosial

Fitur iklan media sosial menawarkan beberapa pilihan tergantung medsos mana yang kamu gunakan. Berikut tiga pilihan terpopuler.

Facebook Ads

Facebook Ads adalah fitur untuk memasang iklan dengan target spesifik. Kamu bisa mengatur target iklan berdasarkan informasi spesifik seperti demografi calon konsumen, area pemasaran, format iklan, hingga durasi pemasangan. Ada juga pilihan batas anggaran agar kamu bisa menyesuaikan dengan bujet. Mengatur iklan membuatmu bisa membidik calon konsumen dengan identitas tertentu.

Twitter Ads

Twitter Ads adalah layanan dari Twitter for Business, akun khusus untukmu yang membutuhkan fitur ekstra untuk promosi. Dengan fitur ini, kamu bisa mempromosikan akun atau cuitan (termasuk video), memilih demografi, hingga menganalisis data seperti impresi, cuitan favorit, dan jumlah pengikut. Cocok untukmu yang memang lebih sering aktif di Twitter.

Instagram for Business 

Pengguna Instagram bisa menggunakan Instagram for Business, akun khusus untuk digital marketing. Kamu bisa memilih beragam format iklan yang menarik seperti postingan foto biasa, reels, hingga video pendek dan Instagram TV. Kamu juga bisa menentukan berapa anggaran yang dibutuhkan untuk satu kampanye iklan.

5. Mailchimp 

Ketika kamu mulai bisnis, bersiaplah untuk berurusan dengan banyak alamat email. Kamu harus bisa mengatur arus keluar-masuk email pribadi dan bisnis, email afiliasi, hingga email milik para koneksi pentingmu. Kamu juga harus bisa menjawab mereka dengan relatif mudah. Mailchimp adalah platform khusus untuk mengatur semua alamat email tersebut dengan mudah di satu tempat.

Tidak hanya mengatur alamat email milikmu dan kontak pentingmu, Mailchimp juga membantu menciptakan dan mengirimkan email otomatis untuk berbagai keperluan pemasaran, misalnya email newsletter. Kamu bisa memanfaatkan fitur geotagging untuk mengirim email sesuai dengan demografi target serta memanfaatkan sistem analisis untuk melakukan evaluasi hasil pemasaran email. Intinya, selain membantu pemasaran, Mailchimp juga membuatmu lebih produktif.

6. SEMrush

Marketing digital memerlukan kemampuan membaca tren spesifik serta menciptakan kata kunci efektif untuk pemasaran online. SEMrush adalah salah satu alat populer untuk membantumu menemukan kata kunci efektif sekaligus melacak kata kunci yang digunakan pesaingmu. Kamu juga bisa melihat data urutan kinerja kata kunci tersebut, seperti mana yang paling banyak digunakan dan kapan mereka paling sering muncul.

SEMrush juga tidak membiarkan penggunanya menebak-nebak. Kamu bisa mengakses laporan kinerja situs berdasarkan kata kunci yang dipilih sehingga kamu bisa melakukan evaluasi.

7. Hootsuite

Hootsuite adalah solusi untukmu yang kerepotan mengelola beberapa akun medsos bisnis sekaligus. Memiliki Hootsuite mirip seperti menyewa jasa manajer medsos untuk semua akunmu. Kamu bisa menggunakannya untuk mengepos cuitan atau postingan pada waktu-waktu tertentu, melacak interaksi dengan pengikut atau teman medsos, hingga memberikan data analisis kinerja medsos bisnismu untuk keperluan evaluasi.

Hootsuite menawarkan layanan fleksibel sesuai ukuran bisnis dan timmu. Kamu bisa memilih paket untuk satu pengguna yang memiliki maksimal 10 akun medsos, paket bisnis kecil untuk lima pengguna dan maksimal 35 akun, atau Enterprise yang khusus untuk perusahaan besar.

8. HubSpot

HubSpot adalah pusat pengelolaan marketing yang menawarkan beberapa perangkat untuk melancarkan elemen penting dalam pemasaran digital. Kamu bisa melacak kata kunci yang tepat, mendapat data hasil analisis kinerja situs, menjalankan customer service secara lebih efektif, hingga melacak setiap penawaran khusus dan promosi yang pernah kamu tawarkan lewat bisnismu.

Walau terlihat banyak, berbagai digital marketing tools ini sebenarnya sudah meliputi unsur-unsur penting: manajemen email, media sosial, perencanaan strategi, evaluasi, pelaporan, dan desain. HubSpot tidak hanya membantu mengelola promosi produk dan jasa, tetapi juga setiap aspek sejak pembuatan konten, pemilihan kata kunci, hingga mengetahui mana konten terbaik kamu.

Bagaimana Cara Belajar Tentang Marketing Tools?

Belajar tentang pemasaran digital dan beragam perangkat mereka adalah keharusan bagi calon pebisnis masa kini. Penasaran? Pilihlah satu atau beberapa kursus di GreatNusa, pusat pelatihan dan webinar yang menawarkan wawasan serta keterampilan gratis demi sukses di dunia kerja. 

Ingin belajar mengelola pemasaran digital? GreatNusa menyediakan pilihan kelas-kelas dalam kategori Bisnis dan Manajemen, terutama Bisnis Digital. Kamu bisa memilih di antara materi seperti Technopreneur 101, E-Commerce Design, hingga Kewirausahaan Perangkat Lunak. Materi yang intensif dan berkualitas, lengkap dengan pelatih berpengalaman, membuat kursus GreatNusa cocok untukmu calon pebisnis di dunia digital.

Menggunakan digital marketing tools adalah salah satu cara membuat bisnis lebih cepat berkembang, mudah dikelola, dan bahkan bisa bersaing dengan produk yang sudah mapan. Gunakan alat-alat ini dan lihat sendiri bagaimana hasilnya setelah kamu mencobanya secara rutin.