Ada berbagai contoh pasar global dari beberapa brand atau perusahaan ternama yang tentu sudah tidak asing lagi di telinga kamu. Bahkan, beberapa perusahaan asal Indonesia pun juga sudah ada yang melakukan pemasaran global dan hampir sebagian besar orang di seluruh penjuru dunia mengenal brand tersebut.

Melalui artikel ini, GreatNusa akan memberikan informasi untuk kamu mengenai berbagai contoh dari perusahaan yang melakukan pemasaran global. Namun, sebelum melihat contoh-contohnya, mari kita bersama-sama memahami terlebih dahulu pengertian dari pasar global.

Apa Itu Pasar Global?

Pasar global merupakan aktivitas perdagangan yang melibatkan dua pihak yaitu penjual dan pembeli di cakupan global atau dunia. Jadi, seluruh orang di belahan dunia mana pun dapat melakukan transaksi jual beli antara negara yang satu dengan negara lainnya.

Sebagai contoh, ada sebuah perusahaan lokal yang memproduksi sepatu dan menjualnya ke negara lain. Maka, kamu dapat melihat bahwa perusahaan tersebut sudah menjalankan aktivitas perdagangan secara global.

Baca Juga: 6 Cara Memasuki Pasar Global yang Bisa Dilakukan

Apa Saja Contoh Pasar Global?

Pemasaran global sudah dilakukan oleh berbagai perusahaan besar di seluruh dunia. Berikut ini, ada lima contoh perusahaan yang telah melakukan pemasaran global, yaitu:

1 . Apple

Contoh pertama dari perusahaan yang menjalankan pasar global adalah Apple. Siapa yang tidak kenal dengan perusahaan penyedia gadget canggih ini? Bahkan pastinya beberapa di antara kamu ada yang menggunakan produk-produk dari Apple, bukan?

Apple menjadi salah satu contoh dari perusahaan yang menjalankan dan juga sukses dalam pasar global. Hal ini dapat dilihat dari penggunanya yang berada di seluruh pelosok dunia.

2 . Samsung

Pesaing dari Apple yaitu Samsung juga termasuk ke dalam salah satu contoh brand yang menjalankan pasar global. Samsung memproduksi berbagai gadget dan peralatan elektronik yang telah digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia.

Baca Juga: Ini Dia Contoh Brand Image yang Diperlukan Dalam Bisnis

3 . Indomie

Sebagai orang Indonesia, kita harus bangga dengan produk buatan lokal yang mendunia, salah satunya Indomie. Indomie masuk ke dalam jajaran mi instan terbaik di seluruh dunia dan banyak orang yang menyukai cita rasa Indomie.

Perlu kamu ketahui juga, produk lokal yang mendunia tentu akan memiliki harga jual yang lebih tinggi di luar sana. Jika harga satu bungkus Indomie di pasar Indonesia berkisar di angka Rp2.500, maka di luar negeri harga satu bungkusnya bisa naik 3 hingga 4 kali lipat.

4 . Kopiko

Permen kopi yang diproduksi oleh perusahaan Mayora dengan nama produk Kopiko juga memiliki banyak peminat di pasar global. Tidak tanggung-tanggung, di Korea Selatan pun banyak menempatkan Kopiko dalam PPL (Product Placement) di beberapa drama Korea.

5 . J.Co

Contoh terakhir dari perusahaan yang tengah berada di pasar global adalah J.Co. Banyak orang yang salah mengira bahwa J.Co merupakan gerai makanan asal luar negeri.

J.Co adalah gerai makanan yang berasal dari Indonesia. Saat ini, J.Co sudah dikenal di pasar global, khususnya di negara-negara yang berada di benua Asia.

Bagaimana Cara Membawa Suatu Bisnis Ke Pasar Global?

Untuk dapat memasuki pasar global, maka kamu harus dapat menguasai kegiatan manajemen di dalam bisnis terlebih dahulu. Membawa sebuah bisnis ke pasar global bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan sehingga kamu harus dapat membangun fondasi yang kuat dengan melakukan manajemen bisnis yang tepat serta efektif.

Jika kamu ingin menguasai skill di bidang manajemen bisnis, GreatNusa memiliki kursus strategi pemasaran global bersertifikasi. Di dalam program kursus ini, kamu dapat mempelajari banyak hal seputar strategi pemasaran global dan bagaimana cara menganalisis, memilih, serta mengevaluasi kerangka kerja. Silakan hubungi kami sekarang juga untuk informasi lebih lanjut dan sekian pembahasan yang dapat disampaikan mengenai pengertian dan contoh pasar global.