Banyak cara melatih public speaking yang dapat kamu coba untuk meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum. Sebagaimana kamu ketahui, public speaking merupakan salah satu kemampuan yang wajib dimiliki. Kompetensi yang kerap digunakan untuk melancarkan urusan pribadi, bisnis, maupun pendidikan ini tercatat sebagai salah satu kunci kesuksesan hampir sebagian besar tokoh dunia. 

Menjadi pembicara yang baik memang tidak mudah. Banyak orang mendadak terserang panik, jantung berdetak lebih cepat, keringat dingin, merasa cemas berlebih, hingga kesulitan berkata-kata ketika berbicara di depan umum. Kondisi ini wajar terjadi. Namun, alangkah baiknya kamu mulai mempelajari bagaimana cara berbicara di depan umum untuk membuka lebih banyak peluang dan kesempatan di masa depan. 

Bagaimana Cara Melatih Public Speaking Agar Mahir Berbicara? 

Tertarik meningkatkan kemampuan public speaking? Cobalah untuk menerapkan sejumlah cara menjadi pembicara yang hebat berikut ini.

1. Rutin Berlatih 

Membaca buku memang bisa membuka wawasan dan memperdalam pemahaman mengenai public speaking. Namun, kemampuan public speaking tidak akan berkembang kalau kamu hanya fokus pada teori tanpa melakukan praktik. Berlatihlah setiap hari untuk mengasah kemampuan berbicara. 

Kamu bisa merekam latihan menggunakan ponsel. Meskipun tampak sepele, hal ini efektif untuk mengetahui cara kamu bertutur kata dan berekspresi. Makin sering kamu berlatih, kamu akan terbiasa berbicara dalam durasi lama. Tak hanya itu saja, mengulang pembicaraan secara konsisten juga dapat memudahkan kamu menguasai materi.

Jika kamu seorang yang pemalu, maka kamu bisa berlatih berbicara di depan cermin. Lakukan setiap hari selama sepuluh menit. Cara sederhana ini bisa membuat kamu lebih percaya diri dan berani. Untuk mengembangkan kemampuan, mintalah keluarga atau teman dekat menjadi pendengar. Jangan ragu untuk meminta penilaian. Dari hal ini, kamu bisa mengetahui kekurangan dan kelebihan selama public speaking, apakah sudah bagus atau masih ada yang kurang dan perlu dibenahi.

2. Learning by Doing 

Public speaking merupakan kemampuan yang bisa berkembang seiring luasnya wawasan dan banyaknya pengalaman. Lantaran kemampuan berbicara di depan umum bukanlah bakat dari lahir, diperlukan ketekunan dan kerja keras untuk mengembangkan kemampuan ini. Kamu akan belajar mengenai letak kesalahan, kekurangan, dan kelebihan ketika berbicara di depan umum secara alamiah atau learning by doing. Ketika kamu membaca buku, kamu akan menyerap lebih banyak ilmu dan pengetahuan baru. Hal ini akan memengaruhi pola pikir dan bagaimana cara kamu menyusun materi pembicaraan.

Pengalaman berbicara ketika berada di bangku sekolah juga secara tidak langsung memberikan dorongan keberanian dan rasa percaya diri. Makin banyak pengalaman berbicara ketika sekolah atau kuliah, kamu akan makin terbiasa dan luwes mengemukakan pendapat atau berpidato di depan banyak orang. 

3. Temukan Gaya yang Cocok 

Menemukan gaya public speaking akan memaksimalkan potensi yang kamu miliki. Pada dasarnya, terdapat empat gaya public speaking yang dapat kamu pelajari. Mulai dari informatif, persuasif, aksi, dan menghibur. Untuk menemukan gaya paling cocok, kamu harus mencoba seluruh gaya yang ada.  

Ketika kamu ingin memberikan informasi disertai fakta, gunakan metode informatif. Dibandingkan metode lainnya, metode informatif paling sering digunakan ketika presentasi materi kuliah, sidang skripsi, atau presentasi bisnis. Pelajari metode persuasif kalau kamu ingin memaparkan fakta sekaligus membujuk orang lain dan metode aksi apabila kamu ingin mengubah pandangan, mendorong, serta meyakinkan pendengar melakukan tindakan. 

Berbeda dengan tiga metode sebelumnya, gaya public speaking menghibur tidak terlalu menegangkan dan kaku. Justru, metode ini bertujuan untuk mencairkan suasana. Umumnya, gaya public speaking ini digunakan pada acara pernikahan, ulang tahun, pertunangan, atau pesta wisuda.

4. Latih Bahasa Tubuh, Intonasi, dan Gerakan 

Tak banyak yang menyadari bahwa kata-kata saja belum cukup untuk meyakinkan pendengar. Komunikasi membutuhkan penekanan yang tampak dari gerakan dan bahasa tubuh. Inilah mengapa mengatur intonasi, melatih bahasa tubuh, dan gerakan sangat dianjurkan. Pembicara yang baik harus mampu mengatur intonasi suara untuk menarik perhatian pendengar. 

Ketika kamu berbicara, pendengar akan menanggapi sesuai intonasi suara yang kamu gunakan. Suara yang datar hanya akan menimbulkan kebosanan, sedangkan suara bersemangat akan mendorong pendengar memperhatikan materi yang kamu sampaikan. Namun, ada kalanya kamu harus menggunakan suara yang lebih pelan, rendah, atau lirih untuk menarik atensi dan fokus pendengar. 

Gerakan tangan atau tubuh dan kontak mata juga perlu dilakukan untuk mempertegas materi yang kamu sampaikan. Meskipun sepele, cara ini juga efektif mengurangi kegugupan. Gerakan tubuh atau tangan juga memungkinkan kamu mengambil sedikit waktu tanpa perlu mengeluarkan kalimat jeda. 

5. Asah Mental 

Cara melatih public speaking secara otodidak dapat dilakukan dengan mengasah mental untuk mengatasi kecemasan. Mempersiapkan mental efektif membangun kepercayaan diri dan mengendalikan rasa takut berlebih. Kamu bisa menarik napas panjang dengan diakhiri sebuah senyuman. Mendatangi lokasi acara lebih awal, menguasai medan, dan materi juga dapat mengurangi ketegangan. Yakinlah bahwa kamu mampu memulai dan menyelesaikan pembicaraan dengan baik. Ingat, keyakinan dan keberanian adalah kunci kesuksesan. 

6. Tambah Wawasan dengan Membaca Buku 

Bacalah buku untuk menambah wawasan sebelum berbicara di depan umum. Melalui buku, kamu bisa mendapatkan ilmu dan informasi untuk memperkuat materi yang hendak disampaikan. Membaca buka tidak hanya membuat kamu mengetahui banyak hal, melainkan juga menambah kosakata sehingga kamu kaya akan perbendaharaan kata. Cakupan kosakata yang luas akan memudahkan kamu membawakan presentasi dengan materi berkualitas. 

7. Mengikuti Pelatihan 

Selain mempelajarinya secara otodidak, tak ada salahnya kamu mengikuti pelatihan public speaking. Melalui pelatihan ini, kamu akan diajarkan teknik dasar menjadi seorang pembicara yang baik, bagaimana sikap yang ditampilkan kepada pendengar, hingga gaya bicara yang tepat untuk digunakan. Umumnya, pelatihan public speaking juga akan mengajari kamu cara bercerita yang baik. Ingat, seorang pembicara berkualitas adalah orang yang mampu menuturkan cerita dengan baik hingga menarik atensi pendengar.

Kamu bisa melatih public speaking dengan menerapkan beberapa cara tersebut. Berbekal konsistensi berlatih dan kemauan kuat untuk belajar, kemampuan berbicara di depan umum akan mengalami peningkatan. Selain lebih percaya diri, kamu juga akan terhindar dari rasa canggung yang berlebih saat berhadapan dengan orang banyak. Pelatihan khusus public speaking akan mengasah kemampuan kamu dalam mengolah materi, merangkai kata, hingga menyampaikannya kepada pendengar. Apabila kamu ingin melatih public speaking, tersedia pelatihan yang disediakan oleh GreatNusa.

GreatNusa merupakan portal pembelajaran daring modern yang didukung materi berkualitas dan pengajar profesional. Melalui portal pembelajaran ini, kamu akan mendapatkan akses materi tanpa terbatas ruang dan waktu. GreatNusa menawarkan berbagai pelatihan dan webinar dengan harga bersahabat untuk mengasah kemampuan public speaking. Berbekal cara melatih public speaking yang menarik, kamu bisa bersaing di dunia kerja dan meraih karier impian. Ayo, gabung GreatNusa sekarang juga!