Personal branding merupakan sebuah seni tentang bagaimana kamu menampilkan diri agar orang mengingat kamu. Di era digital seperti sekarang, penting untuk bisa me-manage citra pribadimu dengan baik. Apalagi kalau kamu adalah seorang tenaga profesional muda yang ingin mengembangkan karier. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan banyak membaca buku personal branding.

Untuk kamu yang sedang belajar membangun citra diri lewat personal branding, beberapa rekomendasi buku personal branding berikut ini bisa jadi pilihan bacaan yang menarik. Simak selengkapnya dalam ulasan berikut ini!

Apa Saja Daftar Buku Personal Branding Yang Harus Kamu Baca

1. Platform: The Art and Science of Personal Branding by Cynthia Johnson

Ada banyak orang yang bermimpi bisa menjadi seorang influencer. Cynthia Johnson sendiri berhasil membuktikannya sendiri dengan peralihannya dari seorang manajer media sosial menjadi seorang influencer media sosial, pengusaha dan seorang marketer andal hanya dalam waktu 3 tahun. Kalau kamu tertarik ingin meniru jejak suksesnya, dalam Platform, Cynthia menjelaskan langkah demi langkah untuk mengembangkan dan mengelola personal branding yang baik.

Dalam menggambarkan kesuksesan, buku personal branding ini menggarisbawahi sebuah poin penting bahwa dalam branding offline maupun offline, kita juga harus selektif. Jangan takut untuk mengatakan tidak dan tetap fokus pada apa yang menjadi jati diri kamu. Penting untuk menghargai identitas diri dalam menciptakan personal branding karena bagaimanapun, kita tidak akan bisa menyelesaikan semua masalah dan membuat semua orang senang dengan apa yang kita tampilkan.

2. Branding Pays: The Five-Step System to Reinvent Your Personal Brand oleh Karen Kang

Setiap orang menginginkan yang terbaik untuk hidupnya. Baik menjadi kandidat terbaik untuk pekerjaan impiannya, mengembangkan karier yang lebih baik serta memperoleh peluang bisnis yang diinginkan. Buku personal branding ini secara khusus akan mengajak kamu untuk fokus kembali dengan keterampilan dan pengalaman yang dimiliki untuk mencapai apapun yang kamu mau.

Penulis membangun konsep dan teknik yang sama dengan perusahaan pemasaran yang meluncurkan merek Apple. Metodologi dalam buku ini bahkan telah dibuktikan oleh perusahaan-perusahaan yang masuk Fortune 500 dan sekolah-sekolah bisnis papan atas.

Baca juga: 7 Cara Membangun Personal Branding dengan Tepat

3. Reinventing You: Define Your Brand, Imagine Your Future oleh Dorie Clark

Memadukan cerita dan wawancara dari para pemimpin populer, penulis buku personal branding ini ingin menunjukkan kepada para pembacanya tentang bagaimana memikirkan tujuan profesional serta menjalani kehidupan yang benar-benar kamu inginkan. 

Bagi kamu yang ingin mendapatkan promosi jabatan, mencari pekerjaan baru atau mengubah jalur karier, buku ini adalah panduan langkah demi langkah yang patut dijadikan acuan. Penulis akan memberi kamu pandangan tentang bagaimana menilai kekuatan diri serta menciptakan citra pribadi yang menarik untuk memastikan kolega dan jaringan kamu mengakui nilai dan kontribusi yang kamu buat.

Baca juga: 7 Ciri-Ciri Profesionalisme yang Harus kamu Miliki

4. Building a StoryBrand: Clarify Your Message So Customers Will Listen oleh Donald Miller

Kemampuan berbicara atau public speaking adalah elemen yang sangat penting dalam personal branding. Dalam buku ini, penulis buku terlaris New York Times, Donald Miller, menjelaskan elemen kunci kuncinya dalam tujuh cerita powerful. Tujuannya adalah untuk membantu kamu mengubah cara berbicara tentang siapa diri kamu, apa yang sebenarnya kamu lakukan dan nilai unik apa yang bisa kamu berikan kepada pelanggan dan orang lain.

Ada banyak orang yang kehilangan pendapatan jutaan dolar karena mereka salah menggunakan kata-kata untuk membicarakan produk mereka. Pelajari selengkapnya bagaimana kamu bisa melakukan branding dengan kata-kata yang lebih cerdas dan tepat sasaran lewat buku ini.

5. YOU BRANDING: Personal Branding – It’s All About You oleh Mark Cijo

Ketika mencoba mencari tahu tentang diri kamu lewat Google, apa yang kamu temukan pertama kali? Apakah hasil di mesin pencari cukup menjadi informasi bagi orang-orang yang mencari tahu tentang dirimu? Kebanyakan pencarian yang muncul dari media sosial sama sekali tidak mewakili dan kadang kita justru tidak tampil sama sekali. Di sinilah Mark Cijo mencoba menggambarkan betapa pentingnya personal branding.

Dalam buku personal branding yang ditulisnya itu Mark Cijo membahas berbagai hal yang sangat penting bagi siapapun yang sedang membangun citra pribadi. Mulai dari alasan kenapa personal branding itu penting, memahami target pasar kamu hingga cara menghindari kesalahan dalam personal branding juga dibahas dalam buku ini.

Baca Juga: 7 Manfaat Personal Branding Yang Wajib Diketahui

6. Be: A No-Bullsh*t Guide to Increasing Your Self Worth and Net Worth for Simply Being Yourself oleh Jessica Zweig

Banyak orang mengatakan bahwa kunci penting dari marketing adalah tentang keotentikan. Artinya, apa yang ada pada diri kita, itulah yang harusnya kita tampilkan. Tapi, apakah personal branding semudah itu? Ternyata tidak. Karena kadang sesuatu yang asli itu justru menunjukkan kelemahan yang tidak disukai.

Dalam bukunya, Jessica Zweig yang juga merupakan founder SimplyBe itu menjelaskan berbagai hal yang mungkin akan menghalangi kamu untuk bersinar. Salah satunya adalah menerima segala kekurangan diri alih-alih menyembunyikannya karena bisa jadi apa yang kamu anggap kekurangan itu adalah cara untuk membuat kamu lebih dikenal.

7. Creative Personal Branding: The Strategy to Answer: What’s Next oleh Jürgen Salenbacher

Dalam buku personal branding satu ini, Salenbacher membagikan metode pelatihannya yang unik dan dirancang untuk mengembangkan pemikiran kreatif dan inovatif. Meskipun awalnya dirancang sebagai alat manajemen karier, namun siapa saja yang ingin membangun personal branding bisa menggunakannya.

Dalam lima bab ringkas, sang penulis mengungkapkan bagaimana menggunakan metodologi penentuan posisi branding untuk menentukan rencana selanjutnya. Kamu juga bisa mengerjakan 9 tugas dalam buku untuk membantu kamu lebih memahami tentang creative personal branding sebagai alat yang praktis bagi siapa saja yang tertarik untuk membangun posisi dalam karier yang diinginkan.

Baca Juga: 4 Alasan Pentingnya Personal Branding Bagi Tiap Individu

8. Influencer: Building Your Personal Brand in the Age of Social Media oleh Brittany Hennessy

Tertarik menjadi seorang influencer? Buku personal branding ini adalah bacaan yang tepat untuk kamu. Dalam bukunya tersebut, Brittany Hennessy memberikan gambaran bahwa semua influencer favorit kamu memulai personal branding mereka dengan jumlah pengikut 0.

Buku ini akan menunjukkan padamu bagaimana membangun audiens, mengemas merek dan memonetisasi pengaruh kamu kepada orang lain. Kamu juga akan belajar tentang bagaimana menarik publikasi media dan situs web teratas serta memuji merek tertentu tanpa membuat pesaingnya merasa terasing. Kamu akan belajar tentang bagaimana meningkatkan personal branding secara online dan menghasilkan uang dengan melakukan apa yang kamu inginkan. 

9. The Master Book of Personal Branding: Seni Membangun Merek Diri Dengan Teknik Berbicara oleh Farco Siswiyanto

Buku simpel yang ditulis dengan bahasa yang sederhana ini membahas banyak cara untuk melakukan personal branding. Selain mendapatkan insights seputar cara membangun merek diri dengan teknik berbicara, kamu juga akan mendapatkan tips seputar kepemimpinan, negosiasi, hingga pemanfaatan media sosial.

Baca Juga: 9 Tipe Kepemimpinan Dalam Dunia Profesional

Buku ini juga merupakan hasil riset penulis dalam kebijakan publik. Hal ini tentunya juga memberikan keuntungan dan perspektif tersendiri tentang cara membangun citra positif diri sendiri.

Itulah dia beberapa rekomendasi buku personal branding yang bisa kamu baca. Membangun personal branding memang tidak bisa dilakukan dalam sehari. Ada berbagai hal yang harus kamu lakukan untuk mewujudkannya.

Selain dengan membaca buku personal branding di atas, jangan lupa untuk ikut kelas pengembangan diri dari GreatNusa. Ada beragam kursus pilihan yang bisa kamu ambil untuk meningkatkan skill dan wawasan. Semakin kamu berkembang, semakin besar kemungkinan untuk mencapai apa yang kamu inginkan.