Mencari pekerjaan setelah lulus kuliah adalah hal lumrah. Membayangkan terjun langsung ke masyarakat dan mengaplikasikan ilmu yang dimiliki terasa menyenangkan. Namun, tak jarang orang merasa cemas ketika memikirkan tantangan yang akan dihadapi di dunia kerja. Salah satunya mengenai bagaimana cara kita supaya bisa bekerja sama dalam keberagaman. 

Sebenarnya, tantangan apa pun dapat dilewati dengan baik asalkan kamu mampu beradaptasi dan memahami keberagaman di lingkungan kerja. Keberagaman di lingkungan kerja termasuk poin penting untuk membangun perusahaan yang inklusif. Mempekerjakan beragam orang dengan kepribadian dan kreativitas berbeda akan membantu perusahaan mendapatkan lebih banyak perspektif dan ide baru. Latar belakang yang beragam juga mendorong terciptanya lingkungan kerja kondusif dan nyaman. 

Bagaimana Cara Kita Supaya Bisa Bekerja Sama Dalam Keberagaman? 

Keberagaman di lingkungan kerja mencakup perbedaan jenis kelamin, agama, ras, etika, nilai-nilai, latar belakang budaya, kemampuan, dan pendidikan. Termasuk bagaimana seseorang mengidentifikasi diri sendiri, cara pandang orang lain terhadap rekannya, dan cara pandang perusahaan terhadap para karyawan. Keberagaman akan memberikan pandangan baru mengenai peluang potensial dan tantangan dalam memajukan perusahaan. 

Keberagaman akan mendorong karyawan lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan kerja yang cepat berubah. Karyawan juga tidak akan kesulitan menjalin komunikasi dengan rekan kerja, atasan, maupun kolega. Mengingat pentingnya keberagaman, kamu harus bisa menyesuaikan diri dan berbaur dengan karyawan lainnya. Adapun cara agar kamu bisa bekerja sama dalam keberagaman, antara lain sebagai berikut.

1. Menghargai Perbedaan 

Di dunia kerja, kamu akan bertemu dengan banyak orang dari berbagai daerah dan latar belakang. Bukan hal mudah untuk menghargai perbedaan. Bahkan, perbedaan dapat menjadi salah satu alasan terbesar terjadinya konflik di tempat kerja. Namun, hal ini harus dilakukan agar kamu bisa berinteraksi dan menjalin hubungan baik dengan orang lain.

Sikap saling menghargai di lingkungan kerja akan menghindarkan kamu dari konflik ketika memiliki perbedaan pendapat dengan rekan lain. Tak hanya itu saja, menghargai perbedaan juga membantu kamu melancarkan komunikasi untuk mengoptimalkan kinerja tim. 

Baca Juga: Pengertian Manajemen Konflik dan Fungsinya dalam Bisnis

Berbekal rasa saling menghargai, kamu bisa merasakan suasana yang aman dan nyaman di lingkungan kerja. Meskipun tampak sepele, hal ini efektif menurunkan tingkat stres. Selain itu, kamu juga tidak akan takut menyampaikan ide kepada orang lain. Lancarnya penyampaian ide secara tidak langsung turut mendorong peningkatan kinerja dan produktivitas.  

2. Menghormati Orang Lain 

Menghormati orang lain sama dengan menghormati diri sendiri. Kamu bisa menunjukkan rasa hormat dengan menjaga sikap dan bertutur kata sopan. Ketika rekan kerja mengalami kesulitan, jangan ragu untuk memberikan dukungan dan bantuan sesuai kemampuan. Hal kecil ini akan membuat orang lain menilai kamu sebagai sosok yang menyenangkan. 

Berikan pujian tulus apabila rekan kerja mendapatkan apresiasi dari atasan berkat kinerja yang bagus. Pujian ini tidak hanya sebagai simbol pengakuan atas keberhasilan orang lain, melainkan juga memotivasi kamu untuk terus berusaha dan bekerja lebih baik lagi. Menanamkan rasa hormat kepada orang lain di lingkungan kerja akan menumbuhkan profesionalitas. Kamu juga akan dikenal sebagai pribadi yang baik, beretika, dan bersimpati terhadap orang lain.

Baca Juga: Butuh Motivasi Dalam Bekerja? Ini 6 Jenis Motivasi yang Perlu Diketahui

3. Menumbuhkan Toleransi 

Menumbuhkan toleransi adalah bagaimana cara kita supaya bisa bekerja sama dalam keberagaman. Tak jarang, perbedaan jabatan, sikap, cara pandang, dan pola pikir kerap memicu pertengkaran kecil. Meskipun tampak sepele, hal ini menyebabkan ketidaknyamanan yang berdampak buruk pada produktivitas. Namun, hal ini dapat dihindari apabila kamu memiliki rasa toleransi. Toleransi yang tinggi dapat menurunkan risiko terjadinya permusuhan sesama rekan kerja.

Pada dasarnya, toleransi merupakan gambaran mengenai cara kamu memperlakukan orang lain, menjaga pikiran tetap terbuka ketika berinteraksi, menerima perbedaan, dan bagaimana sikap kamu terhadap kebiasaan orang lain. Toleransi tidak hanya mendorong rasa hormat, melainkan juga menciptakan komunikasi terbuka, sikap jujur, kepercayaan, dan loyalitas. Seluruh hal tersebut merupakan poin penting untuk menciptakan ikatan kekeluargaan yang erat. 

Rasa toleransi yang tinggi akan membuat kamu lebih menghargai keberadaan rekan kerja dan atasan. Ketika orang lain menyukai sesuatu yang tidak kamu sukai, kamu akan bersikap biasa dan menghargai perbedaan tersebut. Kamu juga akan menghormati pemeluk agama lain untuk melakukan ibadah atau merayakan hari besar keagamaan. Bahkan, kamu tak segan memberikan ucapan dan turut bersukacita. 

4. Berkomitmen Untuk Satu Tujuan 

Untuk bertahan di lingkungan kerja dibutuhkan lebih dari sekadar kemampuan beradaptasi. Kamu harus memiliki tekad kuat dan belajar mencintai pekerjaan. Kamu juga harus bisa bekerja sama dengan rekan lain. Namun, hal ini bukan perkara mudah. Pasalnya, setiap orang memiliki gaya kerja dan cara pandang yang berbeda. Tak jarang, perbedaan ini menyebabkan sedikit gesekan yang membuat hubungan merenggang. 

Supaya hal tersebut dapat dihindari, mulailah menjalin hubungan baik dengan rekan kerja. Pegang teguh komitmen untuk mengerahkan seluruh kemampuan demi kemajuan perusahaan. Berfokus pada komitmen yang sama mampu meleburkan segala perbedaan. Hal ini akan memudahkan kamu berbaur dan bekerja dengan rekan lainnya. Suasana di lingkungan kerja pun akan makin nyaman. 

5. Berkomunikasi Dengan Baik 

Komunikasi di lingkungan kerja bertujuan untuk membangun solidaritas dan kerja sama tim. Komunikasi yang baik akan memudahkan kamu melakukan koordinasi dengan anggota tim lainnya. Ketika terjadi masalah mendesak, kamu dan tim mampu menyelesaikannya dengan tepat dan cepat.

Baca Juga: 4 Fungsi Komunikasi Dalam Organisasi

Mengingat menjalin hubungan baik sangat diperlukan di lingkungan kerja, mulailah mencari teman sebanyak-banyaknya. Kamu bisa mengasah kemampuan berkomunikasi dengan membuka obrolan ringan. Bicaralah dengan santai menggunakan bahasa yang sopan dan berikan senyum tulus. Ketika kamu melakukan kesalahan, jangan takut untuk berkata jujur. Mengakui kesalahan memang sulit, tetapi hal ini akan membuat orang lain lebih menghargai kamu. 

Komunikasi yang lancar tidak hanya mempererat pertemanan, tetapi juga efektif membuat kamu terhindar dari miskomunikasi yang dapat berujung kesalahpahaman. Tanpa komunikasi yang baik, kamu akan kesulitan mengemukakan pendapat atau ide. Tak hanya itu saja, buruknya komunikasi juga berimbas pada rasa percaya yang rendah dan menyebabkan stres serta pergolakan batin. Ketika rasa curiga mendominasi, kerja sama dalam keberagaman sangat sulit untuk diwujudkan.

Demikianlah informasi mengenai cara yang dapat kamu coba agar bisa bekerja sama dalam keberagaman. Meskipun pada awalnya sulit untuk dilakukan, tips di atas efektif membantu kamu menjalin relasi yang baik di lingkungan kerja. Berbekal potensi diri dan sikap toleransi serta komunikasi yang apik, kamu akan mendapatkan banyak teman, kepercayaan, dan pengakuan dari rekan kerja maupun atasan.

Bagi kamu yang tertarik mempelajari bagaimana cara kita supaya bisa bekerja sama dalam keberagaman, kamu bisa bergabung dengan portal pembelajaran GreatNusa. Melalui portal pembelajaran daring ini, kamu akan mendapatkan banyak pengetahuan baru, khususnya pengetahuan tentang manajemen lintas budaya. Asyiknya, seluruh materi bisa kamu akses kapan saja. 

Dikemas dengan praktis dan didukung pengajar yang profesional di bidangnya, kamu tidak akan kesulitan menyerap ilmu baru. Berkat GreatNusa, kamu bisa meraih masa depan yang lebih baik. Tunggu apa lagi? Ayo, daftar GreatNusa sekarang juga!