Apa yang dimaksud database dan DBMS? Secara sederhana kita dapat mendefinisikannya sebagai tempat penyimpanan data yang ada di dalam komputer atau di dalam awan (cloud). Tahukah kamu bahwa sistem database sudah ditemukan sejak awal tahun 1960? Sungguh mengagetkan, bukan? Benar, database sudah ditemukan sejak lama, bahkan sebelum semua perangkat elektronik canggih seperti sekarang berhasil dikembangkan. Tidak ingin membuat kamu semakin penasaran, mari kita cari tahu apa yang dimaksud dengan database dan DBMS di bawah ini.

Apa yang Dimaksud Database?

Database atau basis data merupakan sekumpulan informasi atau data yang dikelola dan disimpan sedemikian rupa berdasarkan suatu ketentuan yang saling berkaitan untuk memudahkan pengelolaan data. Keberadaan basis data memungkinkan semua penggunanya untuk menyimpan, mencari dan membuang informasi. 

Pengguna bahkan bisa membagikan data mereka dengan pengguna lainnya, serta melakukan pengeditan dalam waktu yang bersamaan. Informasi yang bisa kamu simpan di basis data tidak hanya berupa tulisan semata. Data berupa dokumen berbagai format, media foto dan video bahkan rekaman suara. 

Baca Juga: Apa Itu Data Science dan Fungsinya dalam Dunia Kerja

Apa yang Dimaksud DBMS?

Berbicara mengenai database atau basis data, ada satu kata lagi yang perlu dibahas untuk mendapatkan pemahaman yang lebih menyeluruh, yaitu DBMS. DBMS atau Database Management System adalah suatu perangkat lunak yang diprogram untuk menghubungkan basis data dengan pengguna. Bisa dibilang peran dari DBMS adalah untuk memastikan kamu sebagai pengguna bisa mengakses seluruh data yang tersimpan. Baik itu membaca, memperbarui, menyusun dan membuang informasi yang ada.

Apa Manfaat Menggunakan Database?

Kini kamu sudah tahu mengenai apa yang dimaksud dengan database dan DBMS, tetapi apakah kamu sudah mengetahui manfaat menggunakan database? Berikut ini adalah penjelasan mengenai manfaat-manfaat dari database bagi pengguna.

1. Kecepatan dan Kemudahan

Penggunaan database memudahkan kamu dalam mencari data yang dibutuhkan dengan cepat. Ini dikarenakan penyimpanan data yang dikelompokkan atau disusun secara berurutan akan membuat pencarian informasi mudah dilakukan. Kecepatan dari setiap jenis database yang digunakan umumnya berbeda, tergantung kemampuan dari program di dalamnya. 

2. Multi-user

Jika kamu menggunakan basis data secara daring (online), data yang tersimpan di dalamnya bisa diakses lebih dari satu pengguna (multi-user). Jadi para pengguna tidak perlu mengatur jadwal saat ingin mengakses data dengan pengguna yang lain, karena basis data bisa diakses dalam waktu yang bersamaan.

3. Keamanan Data

Saat ini semua basis data sudah dilengkapi dengan sistem keamanan dengan menggunakan password. Oleh karena itu data yang tersimpan dalam database hanya bisa diakses oleh orang-orang yang sudah diberi izin untuk mengakses data. Kamu jadi tidak perlu khawatir mengenai data yang akan diubah sembarangan oleh pengguna tidak dikenal. 

4. Kontrol Data Terpusat

Poin sebelumnya sudah sedikit menyinggung soal data yang tersimpan secara terpusat. Penyimpanan data yang terpusat akan membuat seluruh orang dalam perusahaan bisa mengakses data yang sama. Keberadaan data yang terpusat pada dasarnya akan memudahkan pencarian data saat dibutuhkan. Jika penyimpanan data penting ditaruh pada database yang berbeda, bukankah kamu jadi kebingungan saat ingin mencarinya? 

5. Menghemat Biaya Operasional

Sejalan dengan penyimpanan data yang bisa diakses oleh banyak pengguna, penggunaan database pada dasarnya membuat penghematan seperti dalam operasional perusahaan. Akibatnya database tambahan tidak lagi diperlukan dan dana yang ada bisa digunakan atau dialokasikan pada kebutuhan yang lain.

Baca Juga: Fungsi Manajemen Operasional Untuk Bisnis Yang Efektif

Bagaimana? Sudahkah kamu memahami database dan DBMS? Apakah manfaatnya yang sudah kamu rasakan saat menggunakan suatu database? Apabila kamu tertarik mempelajari lebih jauh mengenai sistem dan pemrograman, tersedia kursus database system gratis di GreatNusa. Mari mengembangkan kemampuan dan skill yang baru bersama GreatNusa dan bersiap menjadi pemimpin bangsa yang hebat! Semoga kursus di GreatNusa membantu kamu mengerti lebih jauh mengenai apa yang dimaksud dengan database dan DBMS.