Data science atau ilmu data telah menjadi bidang yang banyak diminati dan dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Tetapi, apa itu data science? Lalu, apa fungsinya dalam dunia kerja atau usaha?

Para profesional di bidang pengolahan data (data scientist) kian dibutuhkan oleh berbagai perusahaan, mulai dari perusahaan teknologi, kesehatan, perbankan, pendidikan, hingga transportasi. Beberapa perusahaan bahkan rela membayar gaji yang fantastis untuk profesi ini.

Ilmu data dianggap sebagai salah satu pedoman penting dalam penyusunan strategi efektif untuk mendapat profit. Apa itu data science dan seberapa penting ilmu ini untuk dipelajari? Simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Data Science?

Setiap jenis bisnis bergantung pada data. Seiring kebutuhan industri terhadap teknologi, data yang terkumpul pun makin kompleks dan variatif. Kumpulan data berukuran sangat besar ini disebut Big Data. Metode tradisional tidak dapat digunakan untuk memproses Big Data.

Ilmu data digunakan sebagai teknologi efektif untuk mengolah Big Data, baik data yang terstruktur, semi terstruktur, dan tidak terstruktur. Metodenya adalah: obtain, pembersihan atau filter, explore, model, dan interpret data. Hasil informasi nantinya akan dipakai sebagai patokan dalam pengambilan keputusan dan strategi yang akan diimplementasikan.

Mengutip GoldenFast (Data Scientist: Pengertian, Skill Wajib, & Keunggulannya: 2021), data scientist bertanggung jawab menganalisis data dalam jumlah besar, sekaligus mencari informasi yang dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis dengan metode statistik. Statistika, komputer (pemrograman), dan matematika adalah tiga pilar ilmu yang menjadi dasar berdirinya data science untuk menghasilkan data yang akurat dan efisien.

Apa Manfaat Data Science?

Tujuan suatu bisnis, tentu saja, mendapatkan keuntungan. Sedangkan tujuan Ilmu data adalah membantu pengambilan keputusan yang lebih baik dan cepat. Lantas, apa kontribusi data science dan Big Data dalam pertumbuhan bisnis? 

  1. Hasil analisis yang lebih akurat dan efisien.
  2. Membantu mengenal dan menganalisis pelanggan dengan lebih baik.
  3. Kepuasan pelanggan tercapai.
  4. Menghasilkan dan mengembangkan produk relevan.
  5. Memprediksi kecurangan dan mengurangi risiko terjadinya penipuan, terutama di sektor keuangan.

Selain itu, ilmu data ini juga dapat dimanfaatkan dalam memprediksi tren yang mungkin terjadi di masa mendatang.

Apa Saja Dasar Kompetensi Belajar Data Science?

Ingin menjadi data scientist tidak cukup hanya tahu tentang apa itu data science, tetapi kamu juga perlu mempersiapkan soft skill dan hard skill. Berikut ini kemampuan dasar yang dibutuhkan:

  1. Memahami analisis statistik.
  2. Memahami tools analisis.
  3. Paham teknik serta algoritma data mining.
  4. Memahami bahasa pemrograman.
  5. Memahami algoritma machine learning.
  6. Mampu memproses data yang tidak terstruktur.
  7. Mampu berpikir secara sistematis.
  8. Memiliki kemampuan manajerial.
  9. Punya pengetahuan bisnis dan komunikasi yang baik.

Mengapa Harus Belajar Data Science?

Bayangkan kamu memiliki profesi paling dicari di tengah industri teknologi yang kian canggih. Ini alasan mengapa ilmu data harus kamu pelajari sekarang:

1. Mempersiapkan diri menghadapi tren 

Data akan diperbarui dan selalu dimanfaatkan dalam berbagai aspek kehidupan dan bisnis. Mempelajari ilmu data berarti mempersiapkan diri untuk dapat beradaptasi dengan perubahan, termasuk tren baru di masa depan, seperti pemasaran digital yang telah menjadi tren dalam bidang pemasaran.

2. Wawasan luas

Kamu akan mempelajari banyak hal, mulai dari mengoptimalkan penjualan, metode problem-solving, hingga mengetahui cara memenangkan hati pelanggan.

3. Kebutuhan prioritas perusahaan

Kompetisi pasar makin ketat. Perusahaan dituntut untuk memanfaatkan analisis data demi membuka peluang baru untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan serta dalam membuat strategi dan kebijakan. Perusahaan pemula (startup) dan menengah juga telah banyak menggunakan jasa atau layanan analisis data. 

4. Profesi terbaik hari ini

Pada laman Kalibrr Indonesia (2021), bila mencari menggunakan kata kunci “data scientist“, tersedia 1865 lowongan. Laman lowongan kerja terbesar Amerika Serikat, Glassdoor (How to Get a Job as a Data Scientist: 2021) juga menulis bahwa Data Scientist merupakan pekerjaan terbaik untuk saat ini.

Profesi lain yang bisa kamu dapatkan dengan memahami data science adalah Big Data Specialist, Data Analyst, Marketing Data Expert, Data Analytics Programmer, Data Engineer, Metrics and Analytics Specialist, dan sebagainya.

Nah, bila sudah memahami apa itu data science dan dasar kompetensinya, kamu bisa mengikuti kursus Belajar & Praktik Data Science untuk Pemula di GreatNusa untuk mempelajari cara menggunakan machine learning sebagai teknik analisis data. Kamu akan dibekali skill untuk eksplorasi dan split data, serta mengetahui konsep pemodelan yang tepat.