Tahukah kamu apa itu brand image? Kata brand image atau citra merek terdengar sangat familier, namun masih banyak yang belum memahami apa yang dimaksud dari brand image.

Brand image memiliki peranan penting dalam memajukan suatu bisnis. Apabila kamu ingin membangun bisnis sendiri atau bekerja di bidang marketing, maka citra merek ini menjadi satu hal yang harus dikembangkan agar suatu bisnis dapat dikenal oleh masyarakat luas.

Lalu, apa sebenarnya brand image tersebut? Melalui artikel ini, GreatNusa akan memberikan informasi penting kepada kalian mengenai pengertian citra merek serta bagaimana cara untuk meningkatkannya.

Apa Yang Dimaksud Brand Image?

Konsumen memiliki andil dalam membantu perkembangan sebuah bisnis. Gambaran konsumen terhadap sebuah produk atau merek dapat memiliki efek yang sangat besar agar sebuah bisnis dapat dikenal oleh lebih banyak orang.

Jadi, penilaian yang diberikan oleh konsumen terhadap suatu produk itulah yang dinamakan citra merek. Tentu saja, citra merek ini harus bersifat positif apabila kamu ingin mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Baca Juga: Kenali Apa Itu Strategi Pemasaran Global dan Contohnya

Sebagai pemilik bisnis atau orang yang bekerja di bidang marketing dan harus menyusun strategi bisnis yang tepat. Brand image ini perlu dikelola dengan baik. Cara yang dapat dilakukan tentu saja ada banyak seperti meningkatkan kualitas produk itu sendiri, meningkatkan kualitas pelayanan, dan masih banyak lagi cara-cara yang pada dasarnya dapat membuat konsumen memberikan penilaian yang baik terhadap suatu produk.

Namun, kamu harus memahami bahwa brand image dan brand awareness adalah dua hal yang berbeda, ya. Apa bedanya brand image dengan brand awareness?

Citra merek berfokus pada penilaian atau gambaran dari konsumen terhadap suatu produk atau jasa. Sedangkan brand awareness berfokus pada peningkatan kesadaran merek agar orang dapat mengenali merek dari suatu bisnis dan bahkan hafal dengan produk yang dikeluarkan oleh merek tersebut.

Bagaimana Cara Meningkatkan Brand Image?

Berikut ini, kamu akan menemukan 5 cara untuk meningkatkan brand image. Yuk, langsung kita pelajari bersama-sama kelima caranya, yaitu: 

1 . Meningkatkan Kualitas Produk dan Layanan

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk meningkatkan brand image adalah dengan meningkatkan kualitas produk dan layanan. Hal ini sangatlah mutlak untuk dilakukan dalam meningkatkan brand image.

Sebelum mencoba untuk meningkatkan citra merek suatu bisnis, kamu perlu memosisikan diri sebagai seorang konsumen. Dalam kehidupan sehari-hari pun, kamu tentunya juga pasti berada di posisi konsumen saat ingin membeli makanan, berbelanja di minimarket, mengisi bensin, dan lainnya.

Saat berada di posisi konsumen, kamu tentu ingin produk atau jasa yang dibeli memiliki kualitas yang baik, bukan? Apabila produk atau jasa yang dibeli memiliki kualitas yang buruk, tentu saja kamu tidak akan membeli dari merek tersebut lagi.

Selain tidak akan membeli kembali, tentu saja kamu akan memberitahukan kepada orang lain untuk tidak mencoba produk atau jasa dari merek tersebut karena kualitasnya yang buruk. Tidak hanya dari segi kualitas produk, tapi pelayanan pun juga menjadi poin penilaian kamu sebagai seorang konsumen.

Sampai di sini, kamu tentu sudah memahami betapa besar dampak dari kualitas produk dan layanan untuk citra merek, bukan? Oleh karena itu, untuk meningkatkan citra merek suatu bisnis, hal yang harus kamu lakukan adalah meningkatkan kualitas produk dan pelayanannya agar pelanggan dapat memberikan respons yang baik terhadap suatu produk atau jasa.

2 . Menemukan USP Produk atau Jasa yang Dijual

USP atau Unique Selling Proposition merupakan hal yang harus ditemukan dalam sebuah bisnis. Singkatnya, USP adalah hal yang membedakan suatu bisnis dengan kompetitornya.

Pelanggan yang akan membeli produk atau jasa dari suatu merek tentu akan mempertimbangkan apa keunggulan dari merek tersebut dibandingkan dengan merek kompetitor. Maka dari itu, dalam meningkatkan brand image, USP ini sangat penting untuk ditemukan.

Sesudah kamu menemukan apa USP dari suatu bisnis, terapkan USP tersebut dalam setiap kegiatan promosi seperti iklan. Oleh karena itu, orang-orang akan tahu apa keunggulan yang dimiliki oleh merek tersebut dari kegiatan promosinya.

3 . Aktif Dalam Media Sosial

Media sosial menjadi sarana yang penting untuk digunakan bagi seluruh bisnis untuk dapat meningkatkan citra merek. Melalui media sosial, kamu dapat berkomunikasi langsung dengan konsumen maupun calon konsumen dan memberikan berita terbaru seputar peluncuran produk, informasi sale, dan lainnya.

Dari segi konsumen, mereka juga ingin tahu lebih banyak mengenai perkembangan terbaru dari bisnis tersebut. Selain itu, konsumen juga bisa langsung menyampaikan kritik dan saran melalui media sosial.

Baca Juga: 7 Strategi Digital Marketing Yang Efektif Tingkatkan Penjualan

Konsumen juga dapat meninggalkan review terhadap produk yang dijual melalui kolom komentar. Review yang ditinggalkan tentu akan meningkatkan citra merek sehingga pengguna media sosial lainnya yang melihat review tersebut akan tertarik untuk membeli produk dari bisnis kamu.

4 . Lakukan Kegiatan Campaign

Campaign dalam dunia bisnis merupakan kegiatan iklan atau promosi yang dilakukan secara berkelanjutan. Kegiatan campaign ini dapat membuat pelanggan dan masyarakat luas mengenai suatu merek secara lebih dekat.

Buatlah campaign yang menarik dengan cara melihat trend terbaru yang ada saat ini. Selain melihat trend terbaru, kamu juga bisa membuat campaign dengan konsep yang fresh, kreatif, dan mungkin berpotensi untuk viral.

5 . Lakukan Evaluasi Secara Berkala

Hal terakhir yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan citra merek adalah dengan melakukan evaluasi secara berkala. Evaluasi sangatlah penting untuk melihat kepuasan pelanggan terhadap produk atau jasa yang mereka gunakan dari suatu merek.

Hasil evaluasi yang telah didapat akan digunakan dalam strategi penjualan selanjutnya. Selain untuk strategi penjualan, hasil evaluasi tersebut dapat digunakan untuk mengembangkan perusahaan baik dari segi produk dan layanannya.

Baca Juga: 4 Langkah Evaluasi Strategi Perusahaan yang Efektif

Pada intinya, segala cara yang dilakukan untuk meningkatkan brand image adalah hal-hal yang dapat membuat pelanggan merasa puas dengan produk atau jasa yang mereka beli. Jadi, ingat selalu untuk melihat dari sisi kacamata pelanggan sehingga kamu dapat menyusun cara yang efektif dalam meningkatkan brand image dari suatu bisnis.

Mengapa Brand Image Penting Dalam Bisnis?

Setelah memahami apa itu citra merek dan bagaimana cara meningkatkannya, tentu kamu sudah melihat betapa pentingnya citra merek bagi perkembangan sebuah bisnis, bukan? Ada beberapa alasan yang harus kamu ketahui mengapa brand image sangatlah penting dalam bisnis, yaitu:

  • Brand image dapat membantu perusahaan menemukan segmen pasar yang tepat. 
  • Brand image dapat membantu perusahaan dalam menjangkau calon konsumen baru.
  • Brand image dapat menonjolkan keunggulan yang dimiliki oleh suatu bisnis.

Jadi, apakah informasi di atas bermanfaat untuk kamu baik yang ingin menjalankan bisnis sendiri atau bekerja di bidang marketing? Sekian informasi seputar apa itu brand image dan bagaimana cara meningkatkannya, serta jangan lupa untuk mengikuti kursus manajemen pemasaran dari GreatNusa agar kamu dapat bersaing dan menjadi sukses di bidang profesional.